3 Jenis Ramuan yang Aman Dikonsumsi untuk Melancarkan Haid

doktersehat mudik saat haid

DokterSehat.Com– Setiap wanita dewasa pasti akan mengalami siklus bulanan yang disebut dengan haid atau menstruasi. Siklus tersebut umumnya berlangsung selama 5 hingga 7 hari dengan ditandai keluarnya darah kotor melalui vagina. Jika normal, siklus haid adalah 28-35 hari. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki sikuls haid normal. Pasalnya, banyak dari mereka yang masih mengalami haid tidak lancar.

Kondisi tersebut bukan tanpa alasan. Haid tidak lancar umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor pikiran atau stres, adanya suatu penyakit, jamur, infeksi, tumor, penurunan berat badan secara drastis, adanya gangguan kelenjar tiroid, hormon yang tidak seimbang, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Lalu, bagaimana cara agar haid bisa berjalan dengan lancar? Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa ramuan yang bisa membuat haid Anda lancar serta aman bagi kesehatan tubuh. Berikut diantaranya:

1. Jus Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga kerap dikonsumsi untuk menyehatkan penglihatan. Selain itu, wortel juga bisa melancarkan haid karena mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan iron yang membantu hormon dalam tubuh agar tak mengalami gangguan. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi jus wortel tanpa gula secara rutin agar haid Anda lancar.

2. Daun Pepaya

Meskipun rasanya cukup pahit, nyatanya daun pepaya bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah haid yang tidak lancar. Kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan kalsium sangat ampuh untuk melancarkan haid. Caranya adalah dengan merebus daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa dan garam, serta dua gelas air putih. Rebus hingga air tersisa satu gelas saja, kemudian minum hingga habis.

3. Air Kelapa Hijau

Ramuan terkahir yang bisa diminum untuk melancarkan haid adalah air kelapa muda. Anda tentunya sudah tahu bahwa air kelapa muda mengandung senyawa yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit, yang disebut dengan senyawa laurat. Senyawa tersebut berfungsi sebagai anti-bakteri, anti jamur, dan anti virus. Sehingga air kepala muda tak hanya dijadikan sebagai penawar racun saja, tapi juga dapat dijadikan sebagai pelancar haid.