Rambut Kutuan? Ini Solusi yang Bisa Anda Coba

Doktersehat-cara-menghilangkan-kutu-rambut

DokterSehat.Com – Pada dasarnya kutu rambut bisa menyerang siapa saja. Parasit berupa serangga kecil ini bisa dialami tidak hanya mereka yang kebersihannya buruk, kutu rambut juga bisa terjadi pada lingkungan yang terbilang bersih. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut?

Jika kutu rambut menyerang anak-anak, namun orang tua tidak ingin menggunakan obat berbahan kimia, Anda bisa menggunakan alat pengering rambut (hairdryer). Gunakan alat ini pada anak selama 30 menit.

Perlu menjadi catatan, Anda tidak perlu menyetel hairdryer dalam kondisi panas. Jika memungkinkan, pilihlah jenis hairdryer yang mengeluarkan angin lebih kencang daripada alat-alat yang sejenis.

baca juga: 5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut Pada Anak

Tindakan menghindari panas dilakukan untuk mencegah kulit anak terbakar jika dilakukan selama 30 menit. Dengan terapi ini, kutu rambut dan telur kutu yang berada diakar rambut–yang sulit dicapai dengan sisir, dapat mati dengan alat tersebut.

Dalam 30 menit terapi, hal itu dipercaya dapat menghilangkan/mematikan kutu sekitar 80% dan telur kutu sebesar 98%. Sejumlah peneliti mengatakan tidak ada efek samping yang berarti dari tindakan terapi menggunakan alat ini.

Memahami Bentuk Kutu Rambut

Kutu rambut memiliki bentuk yang sangat kecil dan memiliki warna cokelat terang. Kutu yang bertelur di rambut memiliki warna abu-abu.

Selain itu, kutu rambut bisa membuat lubang di kepala kemudian meletakkan telur-telurnya setelah mereka berusia 2 minggu. Sehingga dalam waktu singkat saja seseorang telah memiliki ratusan kutu di kepalanya.

Telur kutu membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk menetas dan menghasilkan nimfa. Nimfa kemudian melewati tiga semburan pertumbuhan berturut-turut. Selama semburan ini, mereka meranggas hingga mencapai ukuran dewasa.

Perlu diketahui, kutu rambut tidak dapat melompat atau terbang. Mereka pindah dari satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan. Kutu rambut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup. Tidak heran negara tropis seperti Indonesia menjadi tempat berkembang biak yang baik untuk kutu rambut

Sedangkan kutu dewasa berukuran sebesar biji wijen akan sangat sulit dilihat karena berwarna putih hingga cokelat. Kutu biasanya menghisap darah empat sampai lima kali setiap hari.

Mereka menggunakan bagian mulut mereka untuk menggigit kulit dan mengeluarkan zat yang berfungsi untuk memblokir pembekuan. Penting untuk diperhatikan bahwa karena kutu rambut dapat terjadi pada siapa saja, beberapa orang berisiko lebih tinggi untuk bersentuhan dengan kutu rambut.

baca juga: Basmi Kutu Rambut dengan Bahan Alami Berikut ini!

Penanganan Kutu Rambut

Kenapa Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan kutu rambut? Karena kutu rambut tidak akan hilang dengan sendirinya sehingga membutuhkan penanganan khusus.

Pengobatan yang paling umum adalah resep krim, lotion, atau sampo anti-kutu. Anda dapat mengoleskannya di kulit kepala untuk membunuh kutu dan telur.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu pengobatan untuk kedua kalinya untuk memastikan bahwa semua telur telah mati. Jika dua perawatan atau lebih tidak bekerja, dokter bisa meresepkan obat yang berbeda.

Beberapa orang terus merasakan gatal selama 7-10 hari setelah kutu dan telur telah mati. Krim steroid atau lotion calamine dapat meringankan gatal. Jika Anda memiliki gatal yang parah, Anda dapat mencoba pil antihistamin. Tapi jangan memberikan antihistamin untuk anak Anda kecuali diberikan resep dokter.

Selain itu, cara menghilangkan kutu yang paling mudah dilakukan adalah dengan mandi secara teratur dan mengganti pakaian sehari-hari. Cuci pakaian di air panas suhu 130°F (54,44°C) atau lebih tinggi, cara ini dipercaya akan membunuh kutu dewasa dan mencegah telur menetas.

Sedangkan kutu yang ada di kulit biasanya hilang sendiri dengan mandi setiap hari dan mengenakan pakaian yang tidak terkontaminasi. Dengan begitu, obat-obatan untuk membunuh kutu biasanya tidak diperlukan.