Rajin Olahraga Saat Hamil Akan Melancarkan Persalinan

doktersehat-senam-hamil-olahraga

DokterSehat.Com– Berolahraga saat hamil memiliki banyak manfaat. Di antaranya, dapat meningkatkan asupan nutrisi dan oksigen untuk perkembangan janin, serta dapat membantu bayi mengembangkan jantung yang sehat dan meningkatkan kemampuan otak bayi. Nah ternyata manfaat berolahraga saat hamil bukan hanya memberi manfaat untuk janin, namun juga dapat melancarkan proses persalinan.

Rajin olahraga dapat mempersingkat waktu persalinan

Dilansir dari The Independent, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Technical University of Madrid menemukan bahwa gaya hidup ibu hamil yang aktif dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan selama persalinan.

Profesor Ruben Barakat, pemimpin penelitian tersebut melakukan penelitian terhadap 508 wanita sehat dan membaginya menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 253 perempuan dan masuk dalam kelompok kontrol, sementara sisanya, 255 perempuan ditempatkan dalam kelompok latihan.

Pada kelompok latihan, mereka diberi program latihan aerobik selama kehamilan yang diikuti selama tiga minggu. Para peneliti kemudian menganalisis sejumlah faktor pada wanita yang melahirkan termasuk durasi setiap tahap persalinan, cara melahirkan, penambahan berat badan ibu, penggunaan epidural dan berat bayi.

Hasilnya, ibu hamil yang aktif berolahraga cenderung menghabiskan waktu lebih singkat saat melahirkan daripada wanita yang tidak melakukannya. Kelompok ini juga cenderung tidak menggunakan epidural selama persalinan.

Selain itu, pada kelompok ibu hamil aktif juga cenderung melahirkan bayi yang memiliki indeks masa tubuh rendah dan mereka juga lebih ramping. Sedangkan pada ibu hamil dari kelompok kontrol cenderung melahirkan bayi yang lebih besar dari rata-rata.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu hamil yang rajin berolahraga dapat melahirkan bayi yang lebih sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berolahraga. So, jangan lupa berolahraga saat hamil ya Mam!