3 Rahasia Susu untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui

rahasia-susu-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh, sehingga para ahli gizi menyarankan untuk selalu minum susu secara rutin. Mungkin selama ini Anda hanya tahu bahwa manfaat mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuh serta kepadatan tulang saja.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa rahasia dibalik susu yang ternyata bisa digunakan untuk perawatan kulit agar selalu sehat, serta terhindar dari masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat, hingga membesarnya pori-pori.

Oleh sebab itu, berikut ini adalah 3 manfaat rahasia susu untuk kecantikan kulit wajah, yang wajib Anda ketahui. Berikut penjelasanya.

1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang banyak dialami oleh sebagian besar wanita. Jerawat bisa tumbuh akibat produksi minyak yang berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Untuk menghilangkan jerawat, dibutuhkan kesabaran karena jerawat merupakan masalah kulit yang cukup sulit diatasi. Akan tetapi, mulai sekarang Anda bisa menggunakan cara sederhana ini, yakni menggunakan susu. Caranya, campurkan satu sendok susu bubuk, kunyit bubuk, serta perasan lemon dalam satu wadah. Kemudian, aplikasikan secara merata pada wajah dan leher seperti Anda mengaplikasikan masker. Sesekali pijat wajah secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Eksfoilasi

Susu juga bisa dimanfaatkan sebagai eksfoilator untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah sehingga wajah Anda menjadi lebih cerah. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan susu bubuk dengan oatmeal, kemudian aplikasikan pada wajah sambil usap secara lembut. Lalu, bilaslah dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sedikitnya selama dua kali seminggu.

3. Menutrisi Kulit

Rahasia susu untuk kecantikan kulit yang terakhir adalah untuk menutrisi kulit. Kandungan vitamin pada susu tentu memiliki manfaat yang baik untuk menutrisi kulit Anda. Anda bisa mencampurkan susu cair dengan apokat yang telah dihaluskan. Cara pengaplikasiannya juga sama dengan sebelumnya, yakni oleskan ke selurun bagian wajah dan leher secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Hal ini bisa membuat kulit Anda menjadi lembap dan pori-pori wajah mengecil.