Rahasia Kuku Sehat Berkilau ala Rumahan

kuku-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Hanan Cohen

DokterSehat.Com– Memiliki kuku yang sehat merupakan salah satu nilai plus. Apalagi, kuku juga menjadi bagian yang dapat menyempurnakan penampilan Anda. Kuku yang sehat ternyata akan berkilau dan mengkilap. Bahkan, kilau yang ditimbulkan kerap kali terlihat serupa dengan kuku yang dibubuhi oleh pewarna kuku transparan. Nah, tentu Anda penasaran bagaimana mendapatkan kuku mengkilap secara alami, bukan?

Photo Credit: Flickr.com/Hanan Cohen

1. Minyak Zaitun

Dilansir dari laman Beuaty Health Tips, salah satu cara menjadikan kuku berkilau secara alami adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Memijat kutikula dan kuku menggunakan minyak zaitun dapat menjadikan kuku berkilau secara alami. Bahkan, kuku akan berkilau hanya dalam waktu satu minggu saja.

2. Petroleum Jelly

Salah satu petroleum jelly yang dikenal luas oleh masyarakat adalah Vaseline. Dilansir dari laman Beauty Health Tips, mengoleskan Vaseline pada kuku juga ampuh membuat kulit sehat berkilau. Apalagi, Vaseline juga menjaga kelembapan kuku secara optimal.

3. Esktrak Lemon

Kandungan bahan asam yang berfungsi sebagai bleaching agent pada perasan lemon juga dapat dijadikan salah satu referensinya. Anda hanya perlu menggosok kuku menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai. Namun, basahi sikat tersebut dengan perasan lemon terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan kuku yang kusam.

4. Mentimun

Kandungan air pada mentimun yang cukup tinggi tentu akan menjadikan kuku semakin lembap. Kondisi yang demikian juga menjadi salah satu hal yang menjadikan kuku lebih berkilau. Anda dapat meletakkan parutan mentimun atau irisan tipis mentimun pada masing-masing kuku. Gosokkan secara lembut selama beberapa menit sampai cairan yang terkandung pada mentimun meresap ke dalam lapisan kuku. Lakukan cara satu ini selama beberapa minggu untuk hasil yang optimal.

Menggunakan cara-cara ala rumahan dengan bahan-bahan alami memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, cara satu ini sangat aman bagi kesehatan kulit dibandingkan harus menggunakan transparent nail polish setiap hari. Bahan kimia yang terkandung pada cat kuku justru dapat mengubah warna alami kuku.