Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tubuh yang sehat dengan bentuk yang ideal bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Namun, perlu komitmen dan kerja keras untuk mendapatkannya. Bukan hanya mengatur pola makan, diet untuk mendapatkan tubuh sehat dan bentuk ideal berarti juga harus mengubah gaya hidup sehari-hari menjadi lebih baik. Dilansir dari livescience.com, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda praktikan.

Rahasia Diet Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Photo Credit : www.pexels.com

1. Hindari sirup jagung

Sirup jagung dengan kadar fruktosa tinggi (HFCS) sering ditemukan pada minuman bersoda, masakan yang dipanggang, beberapa jenis sereal, buah kalengan, kue, jus, dan selai. Pada HFCS, glukosa dan fruktosa tidak terikat sehingga dapat diserap lebih cepat oleh tubuh. Hal inilah yang kemungkinan membuat mereka yang mengonsumsi HFCS cenderung mendapatkan pertambahan berat badan lebih signifikan.

2. Jam makan yang teratur

Salah satu kesalahan seseorang saat diet adalah menunda antara waktu makan terlalu lama. Tidak makan untuk waktu yang lama dapat membuat tubuh ingin makan makanan karbohidrat yang padat energi sehingga sulit memilih menu yang sehat dan seberapa banyak porsi yang harus dimakan. Oleh karena ituk buatlah jadwal rutin tetap untuk makan dan patuhi jadwal tersebut.

3. Pilih makanan alami

Makanan alami atau yang tidak melalui proses pabrikan dan segar adalah cara yang baik untuk menurunkan indeks glikemik. Dengan demikian, anda juga dapat mengendalikan nafsu makan serta kesehatan secara keseluruhan. Makanan seperti buah segar, sayur dan daging segar baik untuk tubuh dan Anda mudah mengendalikan jumlah porsi yang harus dimakan. Sedangkan makanan yang melalui proses pabrikan seperti permen, jus kalengan dan sejenisnya cenderung sulit dikontrol porsinya serta memiliki bahan tambahan yang terkadang tidak baik untuk tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Mengubah lingkungan sekeliling

Mengubah ‘lingkungan’ di sekeliling Anda juga akan membantu Anda menjalankan diet harian Anda. Perubahan yang dimaksud di sini adalah menggunakan piring yang lebih kecil, menyimpan sisa makanan di tempat yang tidak bisa langsung Anda dapatkan, atau menyembunyikan cokelat Anda. Mengubah pola kebiasaan dengan cara ini akan lebih mudah diikuti daripada secara langsung mencoba makan dalam porsi kecil, mengganti permen dengan buah, atau berhenti makan junk foods sama sekali.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi