Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selama ini kita tahu bahwa chia seed bagus untuk diet. Kandungannya bagus untuk sistem metabolism tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa chia seed ternyata juga bisa digunakan untuk mempercantik dan menyehatkan kulit serta rambut? Dilansir dari Natural Living Ideas, berikut ini manfaat chia seed untuk kulit dan rambut.

Rahasia Chia Seed untuk Kulit dan Rambut

Photo Credit: Flickr.com/ Stacy Spensley

1. Menjaga Kulit dari Penunaan Dini

Chia seed mengandung vitamin E yang terkenal mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit, termasuk kulit wajah. Dengan mengonsumsi chia seed, kulit Anda dapat dibantu terhindar dari garis halus, keriput, dan kulit kering. Selain itu, vitamin E juga membantu dalam meningkatkan produksi kolagen. Bukan hanya itu, vitamin E dalam chia seed, bersifat photoprotective, yakni menyerap sinar UV dan dapat mencegah terjadinya peradangan karena sinar matahari.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Jika Anda bermasalah dengan rambut rontok, ada baiknya mulai perbanyak konsumsi chia seed. Karena, masih dari Natural Living Ideas, disebutkan bahwa kandungan vitamin E pada chia seed juga bersifat stimulan serta dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Ketika Anda mulai menggunakan chia seed sebagai masker rambut atau mengonsumsinya langsung, darah di bagian kulit kepala sirkulasinya akan meningkat. Hal inilah yang pada akhirnya membantu pertumbuhan rambut Anda menjadi lebih tebal, cepat serta kuat.

3. Merawat Kerusakan pada Rambut

Manfaat chia seed untuk kulit dan rambut lainnya adalah membantu merawat kerusakan pada rambut. Jika rambut Anda sering terpapar polusi, pewarna serta pemanas, baik dari matahari atau proses pengeringan rambut, rambut akan cenderung kehilangan kelembapan. Ia menjadi kering dan rusak, bercabang dan lainnya. Dalam hal ini, kandungan protein dalam chia seed dapat membantu Anda memperbaiki kerusakan pada rambut karena hal itu. Gunakan chia seed sebagai masker rambut, lakukan rutin dan rasakan manfaatnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Manfaat chia seed untuk kulit dan rambut yang dilansir dari Natural Living Ideas, bukan hanya itu; chia seed juga bagus sebagai penguat rambut dan eksfoliator scrub. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi