Kenapa Rahang Sakit Ketika Mulut Dibuka?

doktersehat kesehatan mulut

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami rasa sakit dan kaku pada rahang? Biasanya rasa sakit itu akan lebih parah ketika kita membuka mulut, baik berbicara, menguap, ataupun makan. Nah, tentu saja rasa sakit dan seakan kaku itu sangat menyiksa dan membuat Anda tak nyaman, bukan?

Terkadang juga rasa sakit itu disertai dengan suara layaknya tulang patah pada bagian kuping. Sehingga membuat setiap yang merasakannya menjadi lebih was-was dan khawatir dengan apa yang dialaminya tersebut. Selain itu, ada banyak kondisi yang dihasilkan dari sakitnya rahang tersebut, mulai dari sakit gigi, sakit kepala, sampai menurunnya kekuatan gigi untuk menggigit.

Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir dan takut terlebih dahulu. Sebab, ada banyak penyebab rahang menjadi sakit ketika dibuka. Misalnya kesalahan posisi saat tidur. Selain itu, sakit pada rahang juga bisa diakibatkan oleh benturan yang tak disadari.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini.

1. Kompres

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres bagian rahang yang sakit. Anda bisa menggunakan air dingin atau hangat untuk itu. Pastikan mengompres pada bagian yang sakit diselingi dengan pijatan lembut serta jangan lupa untuk menggerakkan rahang sepelan mungkin.

2. Menjaga Makanan

Ketika Anda mengalami hal ini, alangkah baiknya untuk menjaga makanan yang dikonsumsi. Usahakan agar mengonsumsi makanan lembut dan lunak agar rahang dan gigi tidak bekerja secara berlebihan ketika mengunyah. Jangan mengonsumsi makanan keras karena dapat memperparah kondisi rahang Anda.

3. Berkumur

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit rahang adalah dengan berkumur. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mulut terlatih dalam melakukan gerakan-gerakan kecil. Sebab, jika tak dibiasakan seperti itu akan membuat rahang semakin sakit dan tambah kaku sehingga sulit untuk digerakkan.