Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

 pDokterSehat.Com– Salah satu kondisi yang harus diwaspadai terkait kesehatan kulit adalah saat menjadi kering. Ketika kulit dalam kondisi kering, kulit akan rentan terkena sejumlah masalah. Mulai dari iritasi, breakout hingga kulit yang pecah-pecah. Biasanya, kulit yang pecah-pecah ini akan menyerang sejumlah bagian tubuh. Mulai dari bibir, pipi, siku, permukaan tangan, lutut hingga tumit kaki. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi yang demikian akan memicu kulit berkeriput atau bahkan menjadikan kulit semakin rusak. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasinya menggunakan beberapa minyak esensial seperti berikut.

Ragam Minyak Esensial yang Ampuh Mengatasi Kulit Pecah-pecah

1. Minyak Mawar

Mawar merupakan salah satu bunga yang sudah sering digunakan dalam merawat kulit. Dilansir dari laman Savvy Homemade, minyak mawar merupakan salah satu bahan alami yang mengandung moisturizer cukup tinggi. Tidak heran jika minyak satu ini mampu menghidrasi sel kulit agar tetap lembap. Lebih lanjut, penggunaan minyak mawar juga akan menjadikan kulit terasa lebih lembut.

2. Minyak Chamomile

Selain minyak mawar, Anda juga dapat menggunakan minyak chamomile. Minyak satu ini sudah dikenal sebagai salah satu minyak yang ampuh melembapkan sel kulit. Tidak heran jika mengoleskan minyak chamomile pada bagian kulit yang pecah-pecah dapat memperbaiki sel-sel kulit dan mempercepat proses penyembuhannya. Lebih lanjut, minyak chamomile dilengkapi dengan kandungan bahan yang ampuh meredakan rasa gatal yang kerap menyertai kulit pecah-pecah.

3. Minyak Sandalwood

Selain minyak yang diekstraksi dari kelopak bunga, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada minyak berbahan herbal. Salah satunya adalah minyak Sandalwood. Minyak Sandalwood sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu minyak yang mampu melembabkan sel kulit. Tidak tanggung-tanggung, minyak satu ini juga membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat kulit pecah-pecah. Penggunaan minyak Sandalwood ternyata juga menjadikan kulit terasa lebih segar.

Beberapa minyak esensial di atas ternyata sangat ampuh digunakan untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah. Anda yang ingin mendapatkan hasil lebih optimal dalam waktu singkat dapat mengombinasikan minyak-minyak di atas dengan minyak jenis lain. Anda juga dapat mencampurkan ketiga minyak di atas untuk mengembalikan kelembapan kulit. Kendati demikian, pastikan jika Anda mengaplikasikannya secara rutin untuk mendapat hasil yang memuaskan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi