Ragam Masker Lentil untuk Mempercantik Kulit Anda

ragam-masker-lentil-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/JCoahgne

DokterSehat.Com– Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang mengenal lentil. Hal ini karena kebanyakan orang Indonesia tidak mengonsumsi bahan tersebut. Tapi, ada baiknya kamu mulai menyiapkan bahan tersebut di dapur Anda karena manfaat lentil merah ternyata luar biasa tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan Anda.

Berikut ini beberapa masker lentil yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk membuat kulit tetap sehat dan cantik.

1. Masker kulit kering dan kulit berminyak

Untuk membuat masker kulit kering dengan menggunakan lentil, Anda hanya perlu merendam 2 sendok teh lentil merah dalam susu selama semalam. Tapi jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, rendam dalam air mawar. Di pagi hari, hancurkan lentil yang sudah direndam ini sampai membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan secara merata di seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

2. Masker untuk hilangkan rambut halus di wajah

Masker berikut ini berfungsi untuk menghilangkan rambut halus di wajah serta mencerahkan kulit. Caranya, rendam 100 gram lentil merah, 50 gram bubuk sandalwood dan bubuk jeruk dalam susu selama semalam. Keesokan paginya, haluskan semua bahan hingga menjadi pasta yang lembut.

Oleskan pasta ini pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit hingga kering. Setelah kering, pijat dan gosok perlahan lapisan masker yang kering tersebut dengan gerakan memutar. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun saat memijatnya. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Masker kulit kusam

Untuk perawatan kulit kusam, langkah pertama adalah memanggang terlebih dahulu lentil Anda. Kemudian ambil kulit jeruk yang sudah dikeringkan dalam jumlah yang sama, kemudian haluskan semua bahan sampai lembut dan tambahkan susu. Oleskan secara merata pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air.

Lentil memang jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun mengetahui manfaatnya yang begitu luar biasa, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba menyiapkan bahan ini di rumah sebagai konsumsi sehari-hari ataupun masker untuk perawatan kulit.