DokterSehat.Com – Bunga chamomile merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai bahan obat herbal sejak zaman dahulu. Tidak heran jika olahan dari bunga chamomile kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Apa saja manfaat chamomile bagi kesehatan tubuh?

manfaat-chamomile-doktersehat

Menilik Manfaat Chamomile

Sebelum Anda mengetahui manfaat chamomile, perlu Anda ketahui bahwa umumnya tanaman ini diolah dalam bentuk minyak esensial atau dikonsumsi bersamaan dengan teh. Sejumlah manfaat chamomile ini didapatkan karena tanaman ini memiliki kandungan antiseptik, antibiotik, antidepresan, antineuralgic, antiinflamasi, antiinfeksi dan karminatif

Perlu diketahui, minyak chamomile diekstraksi dari bunga tanaman chamomile. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalamnya adalah alpha pinene, beta pinene, camphene, caryophyllene, sabinene, myrcene, gamma-terpinene, pinocarvone, farsenol, cineole, propyl angelate, dan butyl angelate. Selain itu, manfaat chamomile juga bisa didapatkan tubuh karena kandungan alpha bisabolol, bisabolol oxide-A & B, dan bisabolene oxide-A.

Sedangkan teh chamomile telah lama digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi masalah kesehatan. Sejumlah penelitian telah melihat potensi teh chamomile.

Teh chamomile telah lama digunakan sebagai obat tradisiona untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa orang yang telah merasakan manfaat chamomile mengatakan, teh chamomile aman digunakan sebagai suplemen perawatan penyakit, namun tidak menggantikan perawatan medis ketika seseorang memiliki penyakit serius.

Berikut adalah beberapa manfaat chamomile yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Mengatasi depresi

Manfaat minyak chamomile sering kali digunakan untuk mengatasi masalah depresi. Hal ini lantaran aroma minyak chamomile mampu menenangkan pikiran. Pengobatan depresi menggunakan minyak chamomile sendiri telah dilakukan oleh orang Italia, Sardinia hingga Brazil sejak lama.

2. Meredakan reaksi alergi

Bagi Anda yang mengidap alergi tentu sudah tidak asing dengan sejumlah gejala yang ditimbulkan. Guna mengatasi gangguan yang ditimbulkan dari alergi, Anda bisa merasakan manfaat chamomile. Selain alergi, manfaat minyak chamomile juga dapat digunakan untuk mengatas sejumlah gejala seperti iritasi, pembengkakan hingga gatal-gatal.

3. Mencegah insomnia

Mengidap insomnia ternyata juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat Anda lebih lemah dan lesu, insomnia juga memicu penyakit lain. Namun, insomnia dapat diatasi dengan minyak chamomile. Manfaat chamomile ini didapatkan karena aroma dari minyak chamomile akan membuat Anda lebih rileks dan mengantuk, sebuah kondisi yang membuat tidur Anda lebih nyenyak

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat minyak chamomile juga dipercaya untuk menjaga kondisi kulit. Mengoleskan minyak chamomile pada kulit ternyata dapat melembapkan sekaligus mencegah sejumlah penyakit.

Sebut saja seperti eczema hingga psoriasis yang dapat diatasi dengan mengoleskan minyak bunga chamomile. Hal ini lantaran minyak chamomile mengandung bahan anti peradangan dan anti bakteri yang ampuh menjaga kulit tetap sehat.

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa salep chamomile dapat membantu mengatasi eksim dan kondisi kulit inflamasi ringan, meskipun mereka tidak seefektif krim hidrokortison.

5. Mengurangi nyeri haid

Manfaat chamomile juga bisa didapatkan oleh wanita yang sedang haid. Beberapa penelitian telah menghubungkan teh chamomile dengan kemampuannya mengurangi keparahan kram saat menstruasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh chamomile selama sebulan bisa mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

6. Mengatasi diabetes dan menurunkan gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian ini tidak menunjukkan bahwa chamomile adalah pengganti yang layak untuk obat diabetes, tetapi mungkin suplemen yang bermanfaat untuk perawatan yang ada.

Sedangkan, penelitian lain menemukan manfaat chamomile bisa mencegah peningkatan gula darah. Efek ini mengurangi risiko komplikasi diabetes jangka panjang. Hanya saja penelitian ini baru dilakukan pada hewan.

7. Memperlambat osteoporosis

Manfaat chamomile yang tidak disangka adalah kemampuannya mengatasi osteoporosis. Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif. Kondisi ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur membungkuk.

Orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan osteoporosis adalah wanita menopause. Selain itu, kondisi ini juga bisa terkait dengan hormon estrogen pada tubuh wanita.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh chamomile memiliki efek anti-estrogenik. Di mana hal inilah yang membantu mempromosikan kepadatan tulang. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan terkait manfaat chamomile ini.

8. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Teh chamomile mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi peradangan. Namun, peradangan jangka panjang yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk wasir, nyeri gastrointestinal, radang sendi, dan gangguan autoimun.

9. Pencegahan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat melawan sel kanker dan mencegah sel-sel tersebut berkembang. Meski begitu, temuan terkait hal itu harus dilakukan penelitian lanjutan karena beberapa penelitian masih dilakukan pada hewan.

10. Membuat tidur lebih cepat

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur pulas, tak ada salahnya Anda mendapatkan manfaat chamomile. Teh chamomile dipercaya dapat membantu seseorang untuk rileks sehingga dapat tertidur dengan cepat.

Banyak peneliti percaya bahwa teh chamomile dapat berfungsi seperti benzodiazepine. Benzodiazepin adalah obat resep yang dapat mengurangi kecemasan dan menyebabkan tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat chamomile adalah mengikat reseptor benzodiazepine.

11. Mengobati gejala pilek

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup uap dengan ekstrak chamomile dapat meredakan beberapa gejala flu biasa. Namun manfaat minyak chamomile ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

12. Kesehatan jantung

Manfaat minyak chamomile lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoidnya tinggi. Flavonoid dipercaya mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Sifat menenangkan chamomile bermanifestasi dalam minyak esensial untuk menenangkan sistem saraf yang memungkinkan aliran darah yang cukup ke-dan-dari jantung.

13. Mencegah arthritis

Arthritis adalah suatu kondisi yang merupakan hasil peradangan pada persendian dan jaringan otot. Ini adalah kondisi menyiksa yang termasuk pada kategori penyakit kronis.

Namun, kemampuan anti-inflamasi yang terkonsentrasi dari minyak esensial chamomile membantu menembus lapisan kulit secara mendalam dan menenangkan peradangan pada persendian. Manfaat minyak chamomile juga dapat diterapkan di bagian lain tubuh lain seperti punggung bawah atau lutut untuk menghilangkan rasa sakit.

Meski banyak manfaat chamomile yang bisa Anda dapatkan, hal lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian adalah chamomile bisa berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki seperti alergi.

Orang dengan riwayat alergi parah harus menghindari chamomile, karena reaksi alergi bisa bertambah parah seiring berjalannya waktu. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.