15 Manfaat Baby Oil bagi Orang Dewasa

manfaat-baby-oil-doktersehat

DokterSehat.Com Baby oil merupakan salah satu produk yang dikenal masyarakat luas sebagai minyak untuk bayi. Namun siapa sangka, manfaat baby oil ternyata dapat juga dirasakan oleh orang dewasa terutama untuk merawat kulit.

Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa

Berikut adalah beberapa manfaat baby oil yang bisa digunakan untuk orang dewasa, di antaranya:

1. Body lotion

Salah satu manfaat baby oil yang belum diketahui oleh banyak orang adalah sebagai body lotion. Baby oil dapat menjadikan kulit terasa lebih lembap dan halus. Apalagi baby oil tidak mengandung bahan yang memicu munculnya alergi.

2. Cleanser

Karena bisa digunakan untuk kulit, maka manfaat baby oil untuk wajah juga bisa digunakan untuk membersihkan make up secara optimal. Bahkan, baby oil mampu membersihkan oil-based make up dengan mudah tanpa menjadikan kulit mengalami iritasi. Menggunakan baby oil sebagai cleanser juga menjadikan kulit terasa lebih lembap.

Meski manfaat baby oil dipercaya untuk membersihkan make up. Sejumlah pakar dermatologi memasukan mineral oil sebagai bahan yang menyebabkan jerawat dan komedo. Namun, beberapa literatur mengatakan kalau mineral oil bukanlah bahan komedogenik dan tidak merangsang terjadinya jerawat.

Agar kulit wajah Anda tetap terhindar dari masalah kulit, ada baiknya setelah Anda menggunakan baby oil untuk membersihkan make-up, sebaiknya Anda membasuh wajah dengan air kemudian mengeringkannya.

3. Lip balm

Bibir pecah-pecah merupakan salah satu kondisi yang kerap dialami oleh sebagian orang. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah kulit bibir yang kering. Maka dari itu, cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengembalikan kelembapan bibir. Mengoleskan baby oil pada bibir juga bisa menjadi solusinya.

4. Melembutkan kulit

Daerah tumit maupun telapak tangan kerap mengalami penebalan sel kulit yang menjadikan teksturnya terasa lebih keras dibanding area lain. Cara untuk mengatasinya ternyata dapat diakali dengan mengaplikasikan baby oil. Manfaat baby oil akan melembutkan kulit yang mengeras.

5. Mengatasi kulit pecah-pecah

Selain melembutkan kulit, manfaat baby oil lanjutan adalah kemampuannya mengatasi kulit yang pecah-pecah. Selain disebabkan oleh iritasi, kulit pecah-pecah yang umumnya terjadi pada kaki juga disebabkan oleh kulit yang kering. Baby oil dapat membantu melembapkannya.

Daya tahan baby oil di kulit lebih lama dibanding pelembap biasa. Selain itu, baby oil juga mampu mencegah penguapan air berlebih dari permukaan kulit.

Jangan lupa, minumlah air putih dalam jumlah cukup agar kulit senantiasa terjaga kelembapannya. Hindari penggunaan sabun antiseptik dan mandi menggunakan air yang terlalu panas karena dapat membuat kondisi kulit semakin kering.

6. Mengurangi stretch marks

Manfaat baby oil yang bisa digunakan untuk orang dewasa adalah kemampuannya untuk mengurangi stretch marks. Kandungan mineral oil, vitamin A dan ekstrak lidah buaya yang terkandung pada beberapa baby oil mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Oleskan baby oil sebelum tidur pada bagian tubuh yang mengalami stretch marks. Cara ini juga dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya stretch marks saat masa kehamilan.

7. Mencerahkan kulit

Jika kulit Anda tidak bercahaya, gunakan baby oil. Manfaat baby oil juga mengurangi produksi minyak berlebih dan sekaligus menambah kilau alami pada kulit.

8. Baby oil aman pada kulit sensitif

Ini adalah minyak terbaik bila digunakan pada kulit sensitif. Baby oil lembut pada kulit dan juga tidak memiliki efek samping.

9. Bagus untuk kuku

Kutikula dapat dimanjakan dan dilunakkan dengan menggunakan baby oil. Menerapkan minyak lembut ini pada kuku juga akan membuatnya bersinar secara alami.

10. Bagus untuk rambut

Memijat kulit kepala dan rambut dengan baby oil akan membantu menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang kering. Manfaat baby oil juga menutrisi dan mengilaukan rambut secara alami.

11. Pelembap setelah bercukur

Gunakan sebagai after-shave oil setelah mencukur bagian non-wajah dari tubuh. Manfaat baby oil bekerja paling baik sebagai pelembab tradisional untuk mengunci kesegaran.

12. Mengatasi jerawat

Meskipun sebagian orang yang menderita jerawat mungkin khawatir menerapkan baby oil pada kulit berjerawat. Namun, minyak mineral ini adalah non-comedogenic. Itu artinya, Manfaat baby oil tidak mampu menyumbat pori-pori pada kulit. Jadi, Anda dapat dengan bebas membuat minyak perawatan kulit jerawat. Baby oil juga bisa diaplikasikan langsung ke kulit.

13. Menghangatkan tubuh

Sebelum Anda keluar rumah saat musim hujan atau Anda berada di ruang kerja ber-AC, oleskanlah baby oil ke kulit Anda. Manfaay baby olildapat membantu menutup pori-pori kulit dan melindungi tubuh sehingga Anda akan merasa sedikit lebih hangat pada kulit yang diolesi baby oil.

14. Melepas plester menggunakan baby oil

Plester melekat keras di kulit Anda? Oleskan sedikit baby oil pada plester dan sekitar kulit. Gosoklah secara perlahan-lahan hingga terlepas tanpa menimbulkan rasa sakit. Manfaat baby oil juga dapat mengangkat permen karet pada rambut atau pada pakaian.

15. Menyempurnakan manicure dengan baby oil

Manfaat baby oil selanjutnya dapat membersihkan cat kuku yang tercecer di kulit. Caranya, oleskan baby oil sedikit di sekitar ujung kuku menggunakan cotton bud sehingga ketika kuku Anda kering Anda dapat menghapus minyak dan cat kuku yang yang tercecer dikulit dengan mudah.

Manfaat Baby Oil untuk Bayi dan Anak-Anak

Pada dasarnya baby oil adalah produk yang banyak digunakan untuk bayi dan anak-anak. Berikut adalah manfaat baby oil yang harus Anda tahu, antara lain:

1. Meringankan ruam popok

Manfaat baby oil yang pertama adalah melindungi kulit bayi dari ruam popok. Sebelum mengoleskan baby oil, jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan kulit bayi.

2. Melembapkan kulit

Baby oil digunakan untuk pelembab kulit atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, kulit gatal dan iritasi kulit ringan. Emolien dalam baby oil adalah zat yang melembutkan, melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal dan mengelupas. Sebaiknya menggunakan baby oil saat mandi, dengan menambahkan beberepa tetes pada air untuk bandi bayi. Atau mengoleskan baby oil setelah mandi untuk melembapkan kulit.

3. Memijat

Manfaat baby oil lainnya adalah banyak digunakan untuk memijat. Meski baby oil dapat membantu melembapkan kulit, namun belum bisa digunakan sebagai pelembap kulit bayi yang baru lahir, karena kulitnya belum mampu menyerap minyak tersebut dengan baik.

Itulah berbagai manfaat baby oil untuk orang dewasa. Apakah Anda menggunakan baby oil dengan cara lain?