Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Madu merupakan salah satu bahan alami yang juga dikenal sebagai bahan multifungsi. Tidak hanya menyehatkan saat dikonsumsi, kandungan beragam vitamin dan moisturizer pada madu juga menjadikan kulit lebih sehat dan terawat. Tidak heran jika sebagian orang kerap menggunakan madu dalam beauty treatment-nya. Namun, agar hasilnya lebih optimal tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis madu yang tepat dan memberikan hasil optimal.

Ragam Madu yang Dapat Dimanfaatkan untuk Merawat Kulit

1. Madu Acacia

Dilansir dari laman Raw Beauty, madu acacia merupakan madu yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Tidak heran jika madu satu ini dapat menjadikan kulit lebih awet muda. Tidak hanya itu saja, madu acacia juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Madu Buckwheat

Jenis madu lainnya yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit adalah madu buckwheat. Madu satu ini dikenal degan kandungan antioksidannya yang tinggi. Tidak heran jika madu buckwheat kerap disarankan untuk Anda yang ingin melindungi kulit dari breakout mau pun radikal bebas.

3. Madu Manuka

Madu yang berasal dari New Zealand ini sudah dikenal luas sebagai madu obat. Hal ini dikarenakan kandungan bahan vitamin dan mineral di dalamnya yang sangat beragam. Manuka honey sendiri sangat disarankan bagi pemilik kuit acne-prone karena dapat memudarkan bekas jerawat sekaligus meredakan peradangan jerawat.

4. Madu Thyme

Anda juga dapat memasukkan madu thyme ke dalam daftar referensi. Madu thyme mengandung bahan antibakteri yang akan melindungi kulit dari infeksi bakteri, terutama bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu saja, madu thyme juga mengandung moisturizer tinggi sehingga cocok digunakan untuk pemilik kulit kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Madu ternyata memiliki beragam jenis. Jenisnya yang beragam ini juga memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui penjelasan singkat di atas untuk memilih madu yang tepat sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi