Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu pernah mendengar kata eksfolian bukan? Eksfolian merupakan bahan yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Eksfolian juga kerap disebut dengan nama scrub. Bicara soal scrub atau eksfolian, ternyata Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami, lho! Biasanya, dermatologist akan menyarankan sejumlah jenis biji-bijian yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi sekaligus menutrisi kulit seperti berikut.

Ragam Biji-Bijian yang Dapat Digunakan Sebagai Eksfolian

1. Biji Wijen

Dilansir dari laman Boldsky, Anda dapat memggunakan biji wijen untuk membuat scrub alami. Biji Wijen akan menjadikan kulit tampak lebih flawless. Tidak hanya itu saja, biji wijen juga mengandung minyak yang akan menjaga kelembapan sel kulit secara optimal. Tidak heran jika scrub dengan biji wijen juga disarankan bagi pemilik kulit kering.

2. Biji Bunga Poppy

Poppy seed atau biji dari bunga Poppy, baik yang berwarna putih mau pun hitam juga menjadi salah satu referensi eksfoliator alami. Tidak hanya meluruhkan kotoran dan sel kulit mati saja, penggunaan Poppy seed juga menjadikan kulit terasa lebih lembut dan halus.

3. Biji Kopi

Anda gemar menikmati kopi? Jangan terburu-buru membuang ampas dari biji kopi. Anda dapat menggunakannya sebagai eksfoliator yang ampuh dalam mencerahkan kulit. Tidak hanya itu saja, kopi juga mengandung kafein yang mampu merelaksasi kulit sehingga terhindar dari sejumlah masalah seperti jerawat dan breakout.

4. Biji Bunga Matahari

Kandungan vitamin E pada biji bunga matahari menjadikan bahan satu ini banyak digunakan sebagai formula utama untuk merawat kulit. Namun, Anda juga dapat menggunakannya sebagai eksfoliator. Tidak hanya menjadikan kulit tampak lebih bersih, biji bunga matahari akan membantu mencegah penuaan dini.

5. Biji Mustard

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai eksfolian adalah biji mustard. Biji mustard yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tidak jarang pula kulit akan terasa lebih kencang dan lembut setelah menggunakan scrub yang ditambahkan dengan biji mustard.

Biji-bijian di atas merupakan biji-bijian yang kerap digunakan dalam sejumlah skincare, terutama untuk varian facial scrub. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan biji-biji tersebut dalam keadaan yang masih segar. Selain aman, kandungan bahan aktif di dalamnya pun masih belum berubah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi