Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal susu, susu merupakan salah satu bahan yang mengandung beragam mineral, vitamin dan protein yang tinggi. Tidak heran jika susu kerap dikonsumsi atau pun diolah menjadi beragam jenis makanan yang menyehatkan. Bahkan, banyak orang yang sudah tidak asing dengan sejumlah stigma mengenai manfaat susu bagi kesehatan tubuh. Kendati demikian, susu ternyata juga menjadi salah satu bahan untuk beauty treatment seperti berikut.

Ragam Beauty Treatment Menggunakan Susu

1. Facial Cleanser

Dilansir dari laman Hire Beauty Tips susu dapat dijadikan sebagai cleanser. Hal ini lantaran susu dapat menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Menggunakan susu sebagai cleanser alami ternyata juga mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit. Lebih lanjut, menggunakan susu sebagai cleanser juga menjadikan kulit terasa lebih halus dan lembap.

2. Pelembap Alami

Susu mengandung protein tinggi yang menjadikan sel-sel kulit tetap ternutrisi. Tidak hanya itu saja, kandungan protein pada susu juga ampuh menjaga kelembapan sel-sel kulit secara optimal. Anda hanya perlu menggunakan susus sebagai masker untuk mendapatkan manfaat satu ini. Menggunakan susu sebagai pelembap secara rutin ternyata juga dapat menjadikan kulit lebih cerah.

3. Eksfoliasi Kulit Mati

AHA atau alpha-hydroxy acid merupakan salah satu kandungan yang biasa ditemukan pada produk-produk khusus kulit berjerawat. Sebagai tambahan informasi, AHA sendiri berfungsi meluruhkan atau mengeksfoliasi sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Namun, siapa yang akan menyangka jika AHA juga ditemukan pada susu. Tidak heran menggunakan susu sebagai masker menjadikan kulit tampak lebih cerah dan bebas kusam. Selain itu, kulit juga menjadi terbebas dari masalah komedo mau pun jerawat.

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Susu juga biasa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit secara alami. Tidak heran jika susu juga disebut sebagai bahan alami yang mencegah kulit berminyak serta jerawat menyerang kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Bagi Anda yang tertarik menggunakan susu, tidak ada salahnya untuk segera mencoba sejumlah beauty treatment di atas. Kendati demikian, pastikan untuk membersihkan kulit dari masker atau toner susu dengan bersih. Pasalnya sisa susu yang tertinggal justru akan memicu masalah kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi