Riset Baru: Radiasi Menara Seluler Picu Kanker pada Hewan

DokterSehat.Com– Tinggal di wilayah dekat menara seluler (BTS) menimbulkan rasa khawatir bagi kebanyakan warga sekitar. Betapa tidak, banyak yang menilai, menara tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Kekhawatiran tersebut bisa jadi benar karena penelitian terbaruĀ  menunjukkan fakta bahwa radiasi dari menara seluler menyebabkan kanker pada hewan.

Photo Source: Flickr/ Carl Lender

Dikutip dari Health News, para peneliti dari Ramazzini Institute melakukan riset yang membuat hewan laboratorium terpapar radiasi dari menara seluler. Hasil dari penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam The U.S. National Toxicology Program ini menunjukkan bahwa paparan radiasi ini bisa memicu kanker jantung langka pada hewan pengerat jantan langka bernama Schwannoma. Sementara itu, hewan pengerat betina mengalami peningkatan risiko terkena tumor otak.

Baik hewan pengerat jantan ataupun betina mengalami kondisi prakanker bernama Schwann cell hyperplasia. Para hewan pengerat ini juga memiliki berat badanĀ rendah dan gejala-gejala kesehatan lainnya.

Dalam penelitian ini, hewan pengerat ini dipapar radiasi dengan frekuensi radio yang berada di bawah batasan yang ditetapkan oleh The U.S. FCC. Hal ini berarti, ada kemungkinan manusia yang tinggal di dekat menara seluler ini juga bisa mendapatkan efek yang mirip dengan para hewan pengerat laboratorium ini.

Sekitar 2.500 hewan pengerat terus dipapar sinyal seluler frekuensi radio 1,8 GHz GSM selama 19 jam dalam sehari. Hasilnya adalah, para hewan yang terus dibiarkan hidup hingga usia tua ini mengalami perkembangan tumor di fase akhir kehidupannya. Fakta ini cukup meresahkan karena 80 persen kasus kanker manusia juga dimulai sejak usia 60 tahun.

Pemimpin penelitian, Dr. Fiorella Balpoggi langsung memanggil perwakilan dari International Agency for Research on Cancer untuk mengevaluasi hasil penelitian ini dan mengecek paparan radiasi dari menara seluler ini agar bisa mengetahui dampaknya bagi kesehatan manusia.

Nah, apakah tempat tinggal Anda dekat dengan menara seluler?