Radiasi Ponsel Bisa Mengganggu Daya Ingat

kebersihan-ponsel-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Telah banyak penelitian yang membuktikan bahaya dari radiasi ponsel, namun baru-baru ini penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa radiasi ponsel ternyata juga bisa memicu gangguan memori pada remaja. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Ny Post, pakar radiasi Martin Roosli dari Swiss melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 700 orang dengan usia 12 hingga 17 tahun. Para partisipan ini dicek kebiasaan menggunakan ponselnya setiap hari dan kemudian diminta untuk melakukan tes daya ingat.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Environmental Health Perspective ini, Martin menemukan fakta bahwa penurunan daya ingat pada para remaja ini ternyata dipengaruhi oleh paparan radiasi RG-EMF yang bisa ditemukan dalam ponsel yang setiap hari kita gunakan. Yang tidak disangka adalah, paparan radiasi ini bisa muncul dari saat kita mengetik pesan, memainkan games, hingga berselancar di internet. Martin juga menyebutkan bahwa efek radiasi ini cenderung lebih parah terjadi pada orang-orang dengan tangan kanan dibandingkan dengan orang bertangan kidal.

“Radiasi RF-EMF bisa diserap oleh otak dan memicu gangguan daya ingat. Demi menghindarinya, ada baiknya mulai sekarang kita menggunakan speaker saat menelepon dan menurunkan frekuensi penggunaan ponsel,” ucap Martin.

Memang, belum benar-benar jelas seperti apa efek radiasi ini bagi tubuh dalam jangka panjang, namun menurut Martin, radiasi ini akan semakin besar jika kita berada di lokasi dengan sinyal telepon yang minim karena membuat telepon bekerja dengan maksimal.

Melihat adanya hasil penelitian ini, ada baiknya kita memang lebih bijak dalam menggunakan ponsel karena pengaruhnya bagi kesehatan yang memang sangat banyak.