Penyakit Radang Lidah yang Harus Anda Waspadai

Doktersehat-radang-lidah
Photo Credit: Flickr.com/tbkrovetz

DokterSehat.com – Meskipun biasa terjadi, ternyata banyak orang yang tidak terlalu merisaukan radang pada lidah sehingga tidak diwaspadai sebagai sebuah jenis gangguan penyakit yang berbahaya. Pada kenyataannya, peradangan pada lidah ternyata dapat memicu gangguan yang lebih berbahaya bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan karena mulut dapat berhubungan langsung dengan organ-organ penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, paradigma menganggap enteng radang lidah ternyata harus diubah agar Anda senantiasa waspada dan lebih tanggap untuk mengatasi gangguan ini.

Terdapat beragam hal yang dapat menyebabkan radang lidah, seperti adanya kelainan struktur atau susunan pada gigi, terdapatnya infeksi dari bakteri ataupun virus, hingga pada hal yang paling umum, yakni kekurangan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang biasanya terdapat pada buah buahan dan sayuran.

Perlu diketahui, jika terjadi peradangan biasanya terdapat beberapa gejala dan akibat yang ditimbulkan, di antaranya:

  • Sariawan adalah pertanda yang paling mudah ditemui. Hal ini biasanya terjadi karena pembengkakan dan peradangan yang dibiarkan begitu saja. Dampak lanjutannya yang bisa terjadi adalah terjadinya luka terbuka sehingga mengakibatkan adanya sariawan pada jaringan permukaan lidah yang berlendir. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu saat kondisi mengunyah makanan serta menimbulkan pinggir lidah sakit dan pangkal lidah sakit.
  • Sebagian dari permukaan lidah biasanya akan berwarna merah terang. Hal ini adalah tanda pada lidah telah terjadi iritasi maupun inflamasi. Biasanya hal ini disebabkan adanya infeksi dari bakteri maupun virus.
  • Biasanya, lidah yang berwarna merah terang akan membengkak pada bagian permukaannya. Pembengkakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan demam bagi penderitanya.
  • Jika sariawan yang dipicu oleh peradangan tidak sembuh-sembuh setelah dua minggu, sebaiknya Anda mulai mewaspadai kemungkinan adanya kanker lidah.

Melihat faktor risiko besar berupa kanker lidah ini, Anda harus tetap mewaspadai radang pada lidah dan segera melakukan pengobatan untuk mengobati radang lidah ini, khususnya jika peradangan ini terjadi pada bagian belakang, pangkal lidah, maupun lidah bagian tepi.

Penyebab Terganggunya Kesehatan Lidah

Penyebab penyakit lidah bisa bervariasi, mulai dari bawaan lahir hingga gaya hidup atau kebiasaan-kebiasaan tertentu. Penyebabnya bisa dibedakan dari gejala yang muncul, antara lain:

  • Perubahan warna lidah

Warna lidah berubah menjadi pink terang sering kali disebabkan karena kekurangan asam folat, vitamin B12, zat besi, atau alergi gluten. Sedangkan lidah menjadi warna putih biasanya disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol, merokok, infeksi jamur, dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan.

  • Perubahan tekstur lidah

Terlalu sering mengonsumsi kopi atau menggunakan obat kumur, paparan radiasi di kepala atau leher juga bisa memengaruhi perubahan tekstur lidah. Selain itu, tekstur lidah bisa berubah menjadi tampak berbulu hitam, lidah bruntusan atau pangkal lidah bentol bentol yang kemungkinan besar disebabkan oleh antibiotik atau kebiasaan merokok.

  • Rasa nyeri di lidah

Penyebabnya bisa karena alergi makanan, kekurangan vitamin dan zat besi, penggunaan pasta gigi dan obat kumur berbahan keras, atau tidak sengaja menggigit lidah saat makan atau bicara.

Nyeri juga bisa disebabkan oleh peradangan papilla alias kuncup pengecap. Orang yang punya kebiasaan makan pedas dan memakai gigi palsu atau kawat gigi lebih berisiko mengalami hal ini.

  • Lidah membengkak

Lidah bengkak bisa merupakan gejala dari kondisi medis, seperti sindrom Down, kanker lidah, leukimia, radang tenggorokan, anemia, dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Jika pembengkakan lidah terjadi secara tiba-tiba, penyebabnya mungkin adalah alergi.

Jangan remehkan hal ini karena lidah bengkak bisa menyebabkan kesulitan berbicara. Segera kunjungi dokter untuk mendapat penanganan medis jika lidah bengkak menyebabkan Anda sulit untuk bernapas.