10 Cara Cepat Move On & Temukan Cinta yang Baru!

cara-cepat-move-on-doktersehat

DokterSehat.Com– Putus cinta atau mengalami perpisahan adalah kondisi yang pasti dialami setiap orang. Patah hati terkadang berakhir dengan baik ataupun menyakitkan hingga membuat seseorang mengalami depresi. Mencari cara cepat move on adalah solusinya, namun mengembalikan kondisi mental pada keadaan semula membutuhkan proses dan bagaimana menerima keadaan. Agar Anda cepat move on, selengkapnya simak tips move on di bawah ini. 

Cara Cepat Move On Tanpa Galau

Berikut adalah beberapa tips move on pasca-putus cinta, yang dirangkum melalui penelitian dan pengalaman:

1. Dapatkan dukungan dari orang terdekat

Dukungan sosial adalah salah satu cara cepat ove on yang utama untuk mendapatkan pemulihan uasai putus cinta.

Mendapatkan dukungan dari teman, keluarga, rekan kerja, dan kenalan, mungkin akan mendapat keuntungan dari membiarkan mereka semua tahu bahwa Anda mengalami masa-masa sulit. Mafaatnya dapat mengurangi stres, mendapatkan solusi, dan hiburan dari mereka.

2. Dapatkan terapis

Seorang terapis akan memberi tips move on, dengan melihat pola dalam diri yang tidak Anda sadari dan membantu belajar dan tumbuh sebagai pribadi. Anda jangan takut untuk mendapat bantuan dari luar jika Anda memerlukannya.

3. Memelihara hewan

Ketika kesedihan tidak ingin diumbar atau dilihat orang lain, cara cepat move on bisa ditemani dengan seekor hewan peliharaan. Ini bisa menghibur Anda.

Memiliki hewan peliharaan selama masa-masa sulit secara emosional dapat menawarkan perasaan cinta dan dukungan emosional tanpa syarat yang tak ada bandingannya.

Penelitian menunjukkan tidak hanya manfaat psikologis dari memiliki hewan peliharaan, tapi juga faktor fisiologis. Memiliki anjing atau kucing dapat mengurangi kecemasan, stres, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu tidur lebih nyenyak.

4. Curhatlah dengan menulis

Menulis adalah cara cepat move on, bagi siapa pun yang mengalami patah hati.

Peneliti telah menguji manfaat kesehatan dari menulis secara ekspresif untuk sementara waktu, namun sebuah penelitian baru-baru ini membuat perbedaan yang menarik.

Tidak semua jenis tulisan dapat membantu, tapi tulisan naratif ekspresif pada khususnya cenderung menurunkan detak jantung dan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lebih mudah pada tekanan fisiologis.

Jadi, alih-alih menuliskan perasaan secara acak, cobalah menggabungkan perasaan itu ke dalam sebuah cerita.

Untuk dapat menciptakan sebuah cerita dengan cara yang terstruktur, tidak hanya mengalami kembali emosi Anda tapi juga membuat makna daripadanya – yang memungkinkan Anda memproses perasaan itu dengan cara yang lebih fisiologis.

5. Ingatlah siapa dirimu

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih mencintai dirinya sendiri, dan menunjukkan tingkat rasa percaya diri yang lebih tinggi cenderung dapat mengobati patah hati lebih cepat.

Mungkin lebih bisa diraih hanya untuk mengenali kembali diri Anda sendiri. Setelah putus cinta, Anda mungkin mengalami sesuatu yang disebut “konsep diri yang berkurang” atau lebih sederhana lagi, Anda tidak tahu siapa Anda lagi.

Cara move on cepat adalah coba mengingat siapa dirimu sebelum hubungan itu. Musik apa yang kamu suka? Apa beberapa hal yang selalu ingin Anda lakukan tapi tidak bisa karena komitmen hubungan?

Cobalah untuk memerhatikan keinginan Anda sendiri dan lakukan apa yang Anda harap benar. Ini tidak hanya secara bertahap membantu Anda menikmati kebebasan, tapi juga akan mengingatkan tentang siapa diri Anda dan membantu untuk menumbuhkan kebaikan diri pada saat Anda sangat membutuhkannya.

6. Cintai diri sendiri

Move on dari hubungan yang tidak berhasil adalah tentang mencintai diri sendiri. Bagi sebagian orang, ini adalah bagian tersulit. Percaya bahwa Anda layak berada dalam hubungan cinta dengan seseorang yang berbagi nilai-nilai dan memperlakukan Anda dengan baik mengharuskan Anda memandang diri sendiri secara positif.

Jika hanya memikirkan hal ini tampaknya menakutkan karena batin Anda dipenuhi dengan keraguan, kritik, atau kebencian diri yang negatif, mungkin perlu meminta bantuan seorang profesional. Anda tidak dapat mengharapkan orang lain memperlakukan Anda lebih baik daripada memperlakukan diri sendiri.

Mengampuni diri adalah bagian penting dari mencinta diri sendiri. Jika dipikir-pikir, Anda mungkin merasa bahwa ada hal-hal yang bisa Anda lakukan secara berbeda, tetapi tidak mungkin untuk mengetahui hasil yang berbeda. Menyalahkan diri sendiri dengan cara mencela diri sendiri adalah pemborosan energi yang sia-sia yang hanya menghasilkan emosi negatif dan menghambat proses penyembuhan.

Sebaliknya, cara move on cepat adalah dengan memilih untuk mengubah rasa sakit menjadi keuntungan. Setiap hubungan, jika kita membiarkannya, dapat mengajarkan kita sesuatu tentang diri sendiri dan memberi kita kejelasan yang lebih besar tentang apa yang kita butuhkan untuk bahagia. Mengakui peran Anda dalam kesalahan hubungan bisa menjadi bagian penting dari proses pembelajaran.

Ketika dua orang berada dalam suatu hubungan, mereka menciptakan dinamika dan apa pun yang terjadi, keduanya berkontribusi dalam beberapa cara. Ketika memiliki wawasan untuk memahami peran, Anda akan dapat melakukan sesuatu yang berbeda.

Jika Anda percaya bahwa mungkin akan bermanfaat untuk membuat perubahan tertentu dalam perilaku diri sendiri, seperti belajar menetapkan batasan yang lebih baik atau meningkatkan keterampilan komunikasi, maka raih kesempatan Anda untuk melakukan ini sehingga hubungan Anda berikutnya dapat menjadi lebih baik lagi.

7. Kembali pada hobi dan hasrat Anda

Karena menghabiskan begitu banyak waktu dengan mantan, hobi Anda mungkin sudah lama didak dilakukan. Anda mungkin telah mengalihkan hobi membaca buku di tempat tidur pada malam hari dengan menelepon mantan.

Apakah Anda berhenti pada hobi menonton drama dan malah memilih menonton film-film favorit mantan Anda?

Nah, gunakanlah waktu untuk menemukan kembali hobi Anda dan dengan seiring waktu anda akan melupakan mantan.

8. Terimalah takdir hubungan yang berakhir

Hindari menebak-nebak diri sendiri begitu Anda mengakhiri hubungan. Bahkan jika Anda tidak mengakhirinya, jangan mulai bertanya-tanya apa yang salah pada diri sendiri.

Hubungan berakhir karena alasan yang baik. Salah satu dari Anda tidak senang atau mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Terimalah bahwa hubungan telah berakhir, dan sekarang, Anda memiliki awal yang baru untuk untuk memperbaiki diri dan mencari pasangan yang baru.

9. Ganti kebencian dan amarah dengan rasa syukur

Terlepas dari apa yang terjadi untuk mengakhiri hubungan Anda, tips move on yang mungkin bisa Anda coba adalah jangan menyimpan dendam. Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan, dan ketika emosi tinggi, orang bisa terluka.

Jangan membenci mantan Anda selamanya dan jangan beri tahu semua orang bahwa ia adalah orang jahat. Jangan biarkan mantan mengendalikan Anda lagi. Biarkan perasaan negatif itu pergi dan bersyukurlah atas pelajaran yang telah Anda dapatkan. Bangunlah kembali cinta dan kebahagiaan di masa depan.

10. Alihkan pikiran dari hal-hal negatif

Mungkin sulit untuk mengalihkan pikiran Anda dari masalah, namun Anda bisa mencoba cara move on cepat dengan beraktivitas atau berolahraga. Bahkan jika Anda tidak begitu menyukai olahraga.

Berlarilah saat Anda pulang dari kantor setiap sore hari, dengan fokus untuk kebugaran, denganbbegitu Anda bisa mengalihkan pikiran. Anda bisa bergabung dengan pusat kebugaran dan lakukan juga setiap pagi sebelum bekerja.

Sebagai bonus tambahan, jika Anda bergabung dengan pusat kebugaran, Anda akan mendapatkan tubuh yang bugar, sambil meningkatkan peluang mendapatkan cinta yang baru.

Nah, itu dia cara cepat move on yang bisa Anda coba untuk melupakan mantan. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!