Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagian tubuh dari wanita sering sekali menjadi tanda ada atau tidaknya gangguan pada tubuh. Perubahan warna, kekerasan, hingga rasa sakit bisa menjadi acuan awal dari ada atau tidaknya gangguan pada tubuh. Dari beberapa bagian tubuh wanita vagina dan puting payudara sering menjadi acuan ada atau tidaknya gangguan pada tubuh.

5 Kondisi yang Menyebabkan Puting Payudara dan Areola Sakit

Pada artikel ini kita akan membahas tanda gangguan tubuh wanita dilihat dari puting payudara dan areola. Perubahan yang terjadi di sini seperti warna dan rasa sakit yang cukup besar bisa dijadikan acuan awal. Selanjutnya Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter terkait ada atau tidaknya gangguan yang lebih serius. Berikut beberapa hal yang sebabkan puting payudara dan areola sakit.

  1. Infeksi pada payudara

Rasa sakit yang terjadi pada payudara bisa terjadi karena ada infeksi yang cukup besar. Infeksi ini muncul karena area di sekitar payudara terdapat luka, misal saat wanita menyusui atau saat berhubungan badan. Luka ini kalau tidak segera diobati bisa menyebabkan terjadinya infeksi yang cukup parah.

Infeksi juga bisa muncul karena ada kondisi yang disukai oleh bakteri atau jamur. Wanita yang berkeringat dan tubuhnya selalu kotor menjadi tempat yang subur untuk bakteri atau jamur berkembang. Kondisi ini menyebabkan area puting payudara jadi sakit saat disentuh atau terkena gesekan bra atau pakaian.

  1. Gesekan dengan pakaian

Memakai bra terkadang sangat menyiksa. Beberapa wanita bahkan merasa sakit di area dada dan susah bernapas. Selain gangguan ini, gesekan antara puting payudara dan areola dengan pakaian juga bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup besar. Kadang luka kecil bisa muncul dan akan parah kalau wanita terlalu berkeringat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau bahannya yang kasar. Gunakan pakaian dengan bahan katun. Kalau Anda  berada di rumah dan sedang santai, sebisa mungkin untuk tidak mengenakan bra. Buat payudara beristirahat dan menyembuhkan diri setelah seharian ditekan bra.

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon menjadi hal biasa pada wanita. Setiap bulan wanita mengalami fluktuasi hormon khususnya saat mereka menstruasi atau hamil. Perubahan hormon ini menyebabkan banyak perubahan pada tubuh khususnya area payudara seperti bagian dari puting yang jadi sakit saat disentuh.

Sensitivitas dari puting payudara jadi naik sehingga sentuhan sekecil apa pun bisa menyebabkan gangguan yang cukup kuat. Kondisi ini biasanya akan membaik dengan sendirinya seiring dengan berakhirnya siklus menstruasi yang terjadi sekitar satu minggu. Kalau payudara terus sakit, segera lakukan pemeriksaan.

  1. Alergi

Rasa sakit pada payudara selanjutnya bisa disebabkan oleh alergi yang muncul akibat penggunaan sabun, sampo, alat kecantikan lainnya. Alergi akan membuat wanita mengalami gangguan yang cukup parah pada puting payudara.

Secara lakukan pemeriksaan kalau rasa sakit tidak kunjung sembuh. Kalau Anda membiarkannya, kemungkinan terjadi infeksi akan terjadi.

  1. Kemungkinan kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang cukup umum terjadi pada wanita khususnya mereka yang memiliki riwayat kanker dari keluarga. Kanker akan muncul dan menyebabkan banyak perubahan seperti rasa sakit pada seluruh payudara khususnya di area puting yang kadang mengalami perubahan.

Rasa sakit yang dialami oleh puting ini juga dibarengi dengan munculnya benjolan abnormal. Kalau Anda merasakan sakit di puting coba raba untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan kanker.

Inilah lima kondisi yang menyebabkan puting payudara dan areola merasa sakit dan kadang mengeluarkan cairan tertentu. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi