Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Puting payudara adalah salah satu organ pada wanita yang dikenal sangat sensitif. Organ ini merupakan titik rangsangan wanita sehingga saat libido naik, puting payudara akan sedikit mengencang dan menimbulkan sensasi nikmat saat disentuh,

7 Kondisi yang Menyebabkan Puting Payudara Terasa Gatal

Nah, karena organ ini sangat sensitif, gangguan kesehatan atau perubahan udara di luar akan memengaruhinya dengan cepat. Wanita akan mengalami gatal di puting payudara yang cukup mengganggu.

Berikut tujuh kondisi yang menyebabkan puting payudara wanita terasa gatal.

  1. Hamil

Saat sedang hamil, tubuh wanita akan mengalami perubahan hormon yang cukup besar. Perubahan ini menyebabkan aliran darah ke payudara jadi banyak sehingga volume dari organ ini jadi membesar dan puting payudara jadi lebih sensitif dan mudah sekali mengalami gatal.

Rasa gatal pada puting bisa sedikit diatasi kalau Anda tidak mengenakan bra yang terlalu ketat dan bahannya terlalu kasar. Selanjutnya coba oleskan krim yang memberikan rasa dingin pada ujung puting.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Menyusui

Ibu yang sedang menyusui juga mengalami kenaikan aliran darah ke area payudara. Kondisi ini membuat organ ini lebih sensitif dan memicu rasa gatal. Selanjutnya, bayi yang minum air susu dan kerap menggigit puting payudara juga menyebabkan iritasi yang berakhir pada rasa gatal.

Agar rasa gatal pada puting payudara bisa sedikit mereda perlahan-lahan, ada baiknya untuk membersihkan ujung payudara. Biasanya ada sisa ASI yang menempel pada ujung puting dan menyebabkan rasa gatal kalau mengering.

  1. Udara kering dan dingin

Saat musim panas tiba, siang akan sangat panas dan kering. Kalau Anda tidak mencukupi kebutuhan air harian, tubuh bisa mengalami dehidrasi sehingga area kulit akan kering termasuk di ujung payudara.

Keringnya kulit akan menyebabkan iritasi dan rasa gatal yang cukup menyiksa. Oleh karena itu cobalah untuk mencukupi kebutuhan air atau membuat kulit jadi lembap dengan mengoleskan krim tertentu atau dengan mandi dengan air dingin.

  1. Eksim

Eksim atau dermatitis adalah kondisi payudara yang meradang akibat kelainan genetik atau faktor lain seperti tidak cocok dengan sabun mandi atau gesekan dari bra yang digunakan. Puting payudara akan membengkak dan akhirnya terasa gatal dan juga panas.

Kondisi eksim bisa diatasi dengan salep yang memberikan efek dingin atau minum antibiotik sesuai dengan resep dokter.

  1. Menopause

Wanita yang mengalami menopause tidak lagi memproduksi hormon estrogen yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kelembapan dari kulit. Akibat hormon yang penting ini tidak lagi diproduksi, tubuh akan mengalami gangguan termasuk puting payudara yang menjadi gatal.

  1. Infeksi jamur

Saat sedang menyusui atau sering berkeringat, area payudara akan lembap sehingga memudahkan jamur untuk tumbuh dengan cepat. Kalau jamur terus tumbuh dengan cepat, infeksi akan terjadi dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu untuk wanita.

Infeksi jamur ini bisa diatasi dengan obat antibiotik atau salep sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

  1. Terkena penyakit paget

Paget adalah salah satu kanker payudara yang cukup langka terjadi pada wanita. Gejala umum dari penyakit ini adalah gatal pada puting payudara disertai dengan kerak, sisik, dan kalau sudah parah bisa menyebabkan puting mengeluarkan cairan warna kuning disertai dengan darah.

Kalau payudara sampai mengeluarkan cairan seperti ini, wanita disarankan untuk segera melakukan pengecekan kesehatan.

Nah, dari tujuh kondisi kesehatan di atas, mana kira-kira yang pernah atau sering Anda alami? Semoga di masa depan kita tidak mengalaminya lagi, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi