Terbit: 26 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika dicermati, warna puting dada, baik itu yang dimiliki oleh pria ataupun wanita cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Bahkan, meskipun warna kulit kita cenderung cerah, warna dari puting ini tetap saja gelap. Apa sih penyebab dari hal ini?

warna-puting-doktersehat

Penyebab Puting Dada Memiliki Warna yang Gelap

Pakar kesehatan dr. Cameron Rockhsar serta dr. Lindsey Bordone menyebut perbedaan warna puting dada dengan warna kulit lainnya ini sebagai sesuatu yang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari hormon seksual di dalam tubuh seperti testosteron dan estrogen. Hormon ini ternyata juga mengendalikan aktivitas melanosit, sel yang mempengaruhi warna kulit dan rambut.

Keberadaan sel-sel ini cenderung semakin meningkat jumlahnya seiring dengan pertambahan usia. Hal ini berarti, saat usia kita anak-anak atau masih remaja, warna puting cenderung lebih cerah, namun seiring dengan bertambahnya usia, warna ini akan semakin gelap.

“Hormon mengendalikan melanosit memproduksi pigmen pada kulit dan rambut, termasuk pada bagian puting dada. Hal inilah yang membuat area ini memiliki warna lebih gelap,” terang dr. Rockshar.

Hal yang sama berlaku pada warna rambut. Banyak anak-anak yang memiliki warna rambut cenderung terang kemudian memiliki warna rambut yang lebih gelap saat tumbuh dewasa.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, perubahan warna kulit menjadi lebih gelap bisa jadi terkait dengan diabetes. Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang sudah jauh lebih tinggi dari normal dan akhirnya mempengaruhi warna kulit. Biasanya, perubahan warna kulit ini terjadi di bagian belakang leher atau di lipatan-lipatan kulit lainnya.

Tanda Kulit yang Sehat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa tanda dari kulit sehat yang sebaiknya kita cermati.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

  1. Tanda Warna Kulit yang Sehat

Pakar kesehatan menyebut ada ciri khas dari warna kulit yang sehat. Hanya saja, jenis warna tidaklah bisa dijadikan tanda dari hal ini. Sebagai contoh, kita bisa memiliki warna kulit yang putih, kuning langsat, hingga sawo matang. Asalkan rona dari warna kulit ini merata, apapun warna kulit yang kita miliki, menandakan bahwa kulit dalam kondisi yang sehat.

Hanya saja, jika terjadi perbedaan warna kulit yang mencurigakan, bukannya karena paparan sinar matahari, bisa jadi menandakan adanya masalah lainnya seperti panu, peradangan, atau kerusakan kulit lainnya. Jika di sekitar mata terdapat lingkaran dengan warna yang gelap, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kurang tidur, kelelahan, atau dehidrasi.

  1. Tanda Tekstur Kulit yang Sehat

Tekstur kulit yang sehat adalah yang lembut, halus, dan kenyal. Jika kita merasakan sensasi kasar atau benjolan pada kulit, hingga sensasi kulit kering, keriput, hingga mengendur, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan speerti komedo, iritasi, jerawat, dan lain-lain.

  1. Tanda Kelembapan Kulit yang Sehat

Kulit yang lembap menandakan bahwa tubuh tidak mengalami dehidrasi dan bisa mencegah datannya masalah seperti kulit berminyak atau gangguan produksi kolagen. Jika sampai kulit terasa kering, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah penuaan dini.

  1. Sensasi Kulit yang Sehat

Kulit yang nyaman, tidak gatal, tidak terasa kencang atau tertarik, dan tidak terasa panas menandakan bahwa kulit berada dalam kondisi yang sehat. Jika tidak, bisa jadi hal ini menandakan bahwa kita memakai produk perawatan kulit yang terlalu keras atau tidak cocok sehingga justru menyebabkan masalah pada kulit.

 

Sumber:

  1. Sharma, Rohan. Why Your Penis And Nipples Are Darker Than The Rest Of Your Skin?. pagalparrot.com/why-your-penis-and-nipples-are-darker-than-the-rest-of-your-skin/. (Diakses pada 26 Desember 2019).

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi