Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kondisi tubuh. Sebagai contoh, beberapa jenis makanan atau minuman yang kita konsumsi ternyata bisa mempengaruhi bau badan tubuh. Hal ini berarti, jika kita mengalami masalah bau badan, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi makanan-makanan berikut ini untuk mengatasinya.

Punya Masalah Bau Badan? Coba Kurangi Konsumsi Makanan Ini Untuk Mengatasinya

Makanan yang memiliki kandungan belerang
Pakar kesehatan Lily Talakoub, MD, yang berasal dari McLean Dermatology and Skincare Center menyebutkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang mengandung belerang seperti kol, kembang kol, dan brokoli. Tubuh akan memecah kandungan belerang pada sayuran terebut dan menyebabkan masalah bau badan. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai menurunkan asupan makanan tersebut jika mengalami masalah bau badan.

Makanan yang bisa memicu bau mulut
Beberapa jenis makanan seperti bawang putih dan bawang merah ternyata bisa menyebabkan masalah bau mulut. George Preti, Ph.D yang berasal dari Monell Chemical Senses Center bahkan mengangggap masalah bau badan seringkali diawali dari masalah bau mulut. Tak hanya menurunkan asupan bawang-bawangan, kita juga bisa mengurangi asupan ikan kalengan atau kopi yang cenderung mudah membekas pada mulut dan sulit untuk dibersihkan.

Daging sapi
Kerap dijadikan bahan makanan enak seperti sate, daging sapi ternyata bisa menyebabkan masalah bau badan. Fakta ini terungkap dari penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Chemical Senses. Dalam penelitian yang dilakukan pada 17 pria ini, diketahui bahwa kelompok pria yang makan daging dua kali dalam sehari akan mengalami masalah bau badan yang menyengat. Sebaliknya, kelompok yang tidak makan daging sama sekali tidak mengalami masalah yang sama.

Penelitian lain yang dilakukan dengan cara meminta 30 wanita mengendus aroma tubuh pria dengan mata tertutup menghasilkan fakta menarik dimana pria yang tidak makan daging dianggap memiliki aroma tubuh yang lebih enak dan dianggap lebih menarik bagi wanita.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita menurunkan asupan makanan-makanan ini demi memgatasi masalah bau badan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi