Tips Puasa Lancar bagi Ibu Hamil di Trimester Pertama

doktersehat puasa trimester awal

DokterSehat.Com– Saat hamil, ibu membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin, khususnya di awal kehamilan. Bagi ibu hamil pun tidak ada larangan untuk menjalankan puasa asal kondisi ibu dan janin sehat. Bagaimana cara ibu hamil agar tetap dapat berpuasa dengan lancar?

Tips puasa lancar saat hamil trimester pertama

Trimester pertama kehamilan merupakan momen penting bagi pertumbuhan janin. Pada trimester pertama ibu hamil diharapkan mengonsumsi makanan bergizi untuk menghindari kemungkinan cacat lahir, keguguran, atau kelahiran prematur.

Sebenarnya tidak ada larangan bagi ibu hamil, terutama jika masih berada di trimester awal kehamilan untuk berpuasa, asalkan tidak menggangu kondisi ibu dan janin. Pasalnya memasuki trimester awal kehamilan umumnya ibu hamil mengalami mual dan muntah yang dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu kekurangan cairan saat hamil dapat memicu keluhan lain seperti pusing dan kontraksi.

Menurut sebuah penelitian, ibu yang hamil saat berpuasa juga dapat berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Bayi tersebut juga memiliki kecenderungan kesulitan belajar ketika dewasa. Namun hal ini masih perlu penelitian lanjutan karena tumbuh kembang dan kecerdasan bayi dipengaruhi oleh banyak faktor seiring dengan perkembangan bayi.

Bagi Anda yang ingin berpuasa ketika sedang hamik trimester pertama, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar puasa tetap lancar, di antaranya:

1. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda

Tanyakan pada dokter kandungan apakah Anda bisa berpuasa atau tidak selama kehamilan. Dokter umumnya akan mengijinkan jika melihat kondisi Anda dan janin tampak normal dan sehat.

2. Perhatikan asupan gizi dan kebutuhan cairan

Saat puasa, Anda perlu memastikan makanan yang Anda masuk tetap mengandung gizi seimbang. Asupan gizi yang harus dipenuhgi ibu hamil adalah 50% karbihidrat, 25% protein, 10-15% lemak sehat serta vitamin dan mineral. Selain itu penuhi kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari.

3. Beristirahat yang cukup

Saat hamil kadang tubuh menjadi lebih mudah lelah. Manfaatkan kesempatan untuk tidur siang jika ada waktu. Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan Anda.

4. Lakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin

Jangan lupa melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memantau apakah janin mendapat nutrisi yang cukup selama bulan puasa. Jika mengalami gangguan kesehatan, Anda dapat segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan.