Psoriasis Tingkatkan Risiko Asam Urat?

Doktersehat-penyakit-kulit-psoriasis

DokterSehat.Com– Psoriasis adalah kondisi autoimun yang membuat penderitanya mengalami masalah kulit kering yang sangat parah. Hal ini membuat beberapa bagian tubuh seperti siku atau lutut mengalami penggantian kulit yang sangat cepat. Di seluruh dunia, setidaknya 2 hingga 4 persen populasi menderita penyakit ini. Masalahnya adalah, tak hanya memicu masalah kulit kering, psoriasis juga bisa meningkatkan risiko psoriasis arthritis, sejenis peradangan rematik yang mirip dengan masalah asam urat.

Kondisi psoriasis arthritis cenderung tidak bisa diobati. Bahkan jika tidak ditangani dengan benar akan menyebabkan kerusakan persendian secara permanen. Sayangnya, kebanyakan orang berpikir jika hal ini disebabkan oleh masalah asam urat sehingga tidak memberikan pengobatan yang tepat. Sebagaimana penyebab psoriasis yang hingga saat ini belum benar-benar ditemukan, penyebab dari kondisi psoriasis arthritis ini juga masih menjadi pembahasan pakar kesehatan di seluruh dunia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Harvard Medical School yang dipublikasikan dalam Annals of Rheumatic Disease pada 20 Maret 2014 menghasilkan fakta bahwa ada kaitan erat antara psoriasis dengan asam urat. Penderita psoriasis ternyata memiliki risiko lebih besar 2 kali lipat untuk terkena penyakit ini. Bahkan, jika sampai penderita psoriasis sudah terkena psoriasis arthritis, risikonya mampu meningkat hingga 5 kali lipat.

“Secara umum, psoriasis dan gout memang memiliki kaitan yang erat,” ungkap pemimpin penelitian dr. Joseph Merola.

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 98 ribu orang pada 1986 hingga 2010 ini menyebutkan bahwa ada kaitan antara pasien rheumatid arthritis dan risiko asam urat. Hanya saja, pasien yang mengalami osteoarthritis justru cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena asam urat.

Dari 2.217 partisipan yang akhirnya terkena penyakit asam urat selama masa penelitian, diketahui bahwa kaum pria cenderung lebih rentan terkena penyakit ini, namun risiko asam urat cenderung semakin meningkat pada kaum wanita seiring dengan bertambahnya usia. Sebaliknya, semakin tua usia pria, semakin menurun pula risiko penyakit ini.

Melihat adanya fakta ini, penderita psoriasis memang harus menjaga gaya hidup yang sehat, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang baik demi mencegah datangnya penyakit asam urat.