Psoriasis di Wajah: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

psoriasis di wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Psoriasis adalah kondisi autoimun pada kulit. Ketahui apa itu psoriasis, gejala, penyebab, cara mengobati psoriasis di wajah, dll.

Apa Itu Psoriasis di Wajah?

Psoriasis adalah kondisi autoimun pada kulit yang menyebabkan sel-sel kulit tumbuh secara cepat dibandingkan dengan kondisi kulit normal. Psoriasis dapat terjadi disemua bagian kulit di tubuh seperti siku, lutut, kulit kepala, punggung dan yang paling umum terjadi di wajah atau disebut juga psoriasis facial.

Dokter Jati Satriyo menjelaskan bahwa psoriasis adalah gangguan kesehatan pada kulit yang gejala utamanya adalah ruam merah dan bercak-bercak seperti sisik di kulit serta menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Pada orang dengan kulit normal, sel-sel kulit akan regenerasi dalam waktu bertahap, sedangkan pada penderita psoriasis pertumbuhan sel-sel kulit tersebut sangat cepat hingga bertumpuk seperti sisik.

Gejala Psoriasis di Wajah

Psoriasis di wajah umumnya terjadi akibat perluasan gejala psoriasis dari area kulit kepala. Penderita psoriasis di wajah umumnya memiliki kulit mati di area kulit kepala yang kadang terlihat seperti ketombe dari kulit kering.

Gejala psoriasis di wajah juga dapat terlihat di sekitar area kulit berikut ini:

  • Alis
  • Kelopak mata
  • Kulit kepala
  • Kulit di antara hidung dan bibir
  • Kening
  • Pipi
  • Hidung
  • Gusi

Penderita psoriasis di wajah biasanya tidak menyadari gejala psoriasis yang mereka alami hingga mereka mengalami paparan sinar radiasi UV. Area kulit yang terkena psoriasis akan terasa gatal, keras, bersisik putih, dan kulit memerah atau keungu-unguan. 

Lesi psoriasis jarang berkembang hanya pada area kulit wajah. Umumnya seseorang yang memiliki psoriasis di wajah juga memiliki psoriasis di kulit kepala, atau mereka mungkin memiliki lesi pada area tubuh lainnya seperti yang terjadi di wajah. 

Dokter Jati Satriyo mengatakan bahwa gejala psoriasis dapat serupa dengan penyakit kulit dermatitis yaitu peradangan di kulit yang mengakibatkan ruam merah. Namun, ciri khas penyakit kulit psoriasis adalah kulit yang bersisik.

Selain itu, dermatitis hanya timbul di satu area kulit saja sementara gejala psoriasis dapat timbul di bagian-bagian tubuh yang khas seperti di siku, lutut, paha, wajah hingga di seluruh area tubuh.

Baca Juga: 7 Komplikasi Psoriasis dan Cara Menghindarinya

Penyebab Psoriasis di Wajah

Penyebab psoriasis utama adalah kekebalan sistem imun dan 40% penyebab dari genetik. Faktor pemicu psoriasis lainnya juga disebabkan dari gaya hidup.

“Selain karena penyakit autoimun dan genetik, penyebab psoriasis juga dikuatkan dengan faktor risiko seperti dari gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, dan kurangnya vitamin D.” Kata Dokter Jati Satriyo.

Faktor lain yang memperbesar risiko terkena penyakit kulit psoriasis adalah jika Anda memiliki riwayat infeksi kulit, obesitas, dan pernah mengalami cedera di kulit akibat efek samping suatu operasi.

Cara Mengatasi Psoriasis di Wajah

Psoriasis di wajah sangat sulit ditangani karena kulit wajah sangat tipis dan sensitif. Dokter juga harus mendeteksi jenis kulit Anda sebelum memberikan obat atau perawatan psoriasis untuk mencegah risiko iritasi kulit lainnya.

Dokter Jati Satriyo mengatakan bahwa belum ada obat untuk menyembuhkan psoriasis, namun terdapat beberapa pilihan perawatan yang umumnya dianjurkan untuk penderita psoriasis di wajah untuk mengurangi gejala psoriasis tersebut.

Rekomendasi cara mengatasi psoriasi di wajah, seperti:

  1. Obat Kortikosteroid

Penderita psoriasis dapat menggunakan obat kortikosteroid topikal seperti hidrokortison untuk mengurangi tingkat keparahan gejala psoriasis di wajah. Namun, obat kortikosteroid topikal hanya untuk penggunaan jangka pendek saja karena memiliki efek samping, seperti kulit menipis dan transparan, memar, dan kulit mudah terkelupas.

Dokter spesialis juga menyarankan penggunaan steroid topikal dalam dosis yang sangat ringan untuk mengurangi risiko efek samping lain yang mungkin terjadi.

  1. Obat Topikal

Obat topikal adalah sejenis salep dan krim yang umumnya digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Berikut ini adalah beberapa contoh obat topikal untuk mengatasi psoriasis, yaitu:

  • Asam Salisilat: Mengurangi gejala sisik, bercak psoriasis, dan memungkinkan untuk mengatasi kulit mati.
  • Coal Tar: Memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit dan merawat kulit.
  • Proteksi Sinar UV: Melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV.  
  • Salep Crisaborole (Eucrisa): Obat optikal lain yang sudah disetujui FDA untuk mengatasi eksim dan mengurangi peradangan kulit.
  • Pimecrolimus dan tacrolimus: Obat untuk eksim namun dermatologi juga menyarankan untuk mengatasi psoriasis di wajah.
  • Pelembap dan Emolien: Salep psoriasis, krim, dan lotion untuk mengendalikan gejala psoriasis agar tidak menyebar dan mempertahankan kelembapan kulit.

Itu dia beberapa salep psoriasis di wajah namun penggunaan obat topikal jenis apapun harus di bawah pengawasan dokter spesialis. Beberapa obat topikal memiliki efek samping yang malah akan menimbulkan risiko gangguan kulit lainnya. Terutama jika Anda melakukan perawatan psoriasis dengan coal tar karena dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan risiko kanker.

Jika Anda mengalami gejala psoriasis di sekitar area kulit mata, Anda harus berhati-hati mengaplikasikan obat optikal tersebut karena dikhawatirkan menyebabkan kerusakan pada mata.

Dokter Jati Satriyo mengungkapkan bahwa obat-obatan seperti salep atau krim kulit dapat digunakan untuk meredakan gejala psoriasis, namun tidak menyembuhkan penyakit psoriasis itu sendiri.

Baca Juga: Membedakan Antara Kulit Kering dan Psoriasis

Cara Merawat Diri dari Psoriasis di Wajah

Selain menggunakan obat psoriasis di wajah yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa tips untuk mengurangi gejala psoriasis di wajah, yaitu:

  • Menggunakan pembersih wajah non-sabun untuk menjaga kulit tetap bersih.
  • Menggunakan pelembap setiap saat.
  • Menggunakan tabir surya tidak hanya di wajah tapi di seluruh tubuh untuk mengendalikan gejala psoriasis.
  • Kurangi stres.
  • Jangan menggaruk atau mengelupas kulit yang terkena psoriasis.

Itulah cara mencegah psoriasis agar gejalanya tidak memburuk namun Anda harus konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis untuk menjaga kondisi psoriasis yang Anda alami.

Nah, itu dia penjelasan tentang psoriasis di wajah. Psoriasis adalah kondisi medis kronis yang harus ditangani secara serius karena belum ada obatnya. Namun, penelitian untuk penyembuhan psoriasis masih terus diteliti oleh para dokter.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Nall, Rachel RN, BSN, CCRN. 2019. What to know about psoriasis on the face. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317195.php. (Diakses pada 27 September 2019).
  2. WebMD. 2019. Psoriasis on Face (Facial Psoriasis). https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/facial-psoriasis#1. (Diakses pada 27 September 2019).
  3. Frothingham, Scott. 2018. What Can I Do About Facial Psoriasis?. https://www.healthline.com/health/facial-psoriasis. (Diakses pada 27 September 2019).
  4. WebMD. 2019. Topical Treatments for Psoriasis. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/topical-treatments-psoriasis#1. (Diakses pada 27 September 2019).