Terbit: 1 Agustus 2018 | Diperbarui: 30 Juli 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Di antara Anda mungkin ada yang baru mengetahui bahwa psikologis anak dipengaruhi oleh lingkungan mereka termasuk warna cat kamar mereka. Benarkah begitu? Mengapa bisa demikian?

tahukah-bahwa-psikologis-anak-dipengaruhi-warna-cat-kamar-doktersehat

Warna cat kamar ternyata memiliki kemampuan untuk mempengaruhi psikologis anak. Pengaruh warna cat kamar terhadap psikologis anak seperti mampu menginspirasi, menenangkan, membangkitkan, memulihkan, dan bahkan mengganggu.

Oleh karena itu, dalam memilih warna cat kamar anak, Anda harus memiliki pertimbangan pengaruhnya terhadap psikologis anak. Apalagi anak-anak itu sangat sensitif terhadap dampak warna. Jadi, Anda tidak boleh meremehkan dalam melakukan dekorasi kamar untuk anak mengingat dampaknya terhadap psikologis anak kelak.

Pengaruh warna cat kamar terhadap psikologis anak

Para ilmuwan telah belajar banyak tentang berbagai jenis warna yang memiliki pengaruh berbeda terhadap pikiran dan tubuh kita. Ini berarti, setiap jenis warna cat kamar memiliki pengaruh yang berbeda terhadap psikologis anak. Namun, ingatlah selalu bahwa setiap anak berbeda dan jangan melakukan penyamarataan pada semua anak.

Berikut ini adalah pengaruh beberapa jenis warna cat kamar terhadap psikologis anak yang bisa Anda terapkan untuk melakukan dekorasi kamar:

Merah

Merah adalah warna yang sangat merangsang. Warna merah memiliki kemampuan untuk memberi energi pada tubuh dan membangkitkan pikiran, meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Namun, apabila warna cat kamar terlalu banyak paparan merah akan mendorong perilaku agresif dan ketidakmampuan untuk fokus terhadap psikologis anak. Merah hanya bagus sebagai aksen tetapi bukan warna cat kamar terbaik untuk anak yang sudah gelisah.

Baca juga: 3 Alasan Membiarkan Kamar Anak Berantakan

Oranye

Oranye adalah warna yang cerah dan ceria yang telah terbukti meningkatkan komunikasi, dan sosialisasi. Psikologis anak dengan warna cat kamar oranye cenderung menjadi lebih kooperatif, ekstrovert, dan percaya diri. Namun, apabila dekorasi kamar terlalu banyak warna oranye dapat membanjiri mereka dan menyebabkan mereka merasa jengkel dan sama sekali tidak ramah.

Kuning

Warna kuning mengasosiasikan perasaan bahagia dan keceriaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna cat kamar kuning akan memberi pengaruh dalam hal peningkatan konsentrasi dan memiliki ingatan memori yang lebih baik terhadap psikologis anak. Warna kuning lembut dapat membantu konsentrasi.

Sedangkan warna kuning yang lebih cerah dapat meningkatkan memori. Namun, warna cat kamar yang menggunakan terlalu banyak warna kuning terang dapat menimbulkan perasaan agitasi dan bahkan kemarahan. Dan tentu saja, warna cat kamar kuning tidak baik jika Anda memiliki anak yang cenderung melawan waktu tidur, atau bangun lebih awal.

Pink

Warna pink adalah warna yang menenangkan, dan mendorong perasaan empati dan pengasuhan. Warna pink biasanya terkait dengan perasaan keibuan. Pengaruh warna cat kamar pink terhadap psikologis anak dapat menyebabkan anak-anak berperilaku lebih peduli dan penuh perhatian.

Namun, Anda perlu tahu bahwa warna cat kamar yang terlalu banyak terpapar warna merah muda dapat menyebabkan iritasi, menyebabkan sakit kepala, atau bahkan perasaan gugup. Jangan kaget jika anak Anda datang kepada Anda meminta izin untuk melukis pada dinding kamar berwarna pink tersebut.

Hijau

Tentu Anda sudah merasakan bahwa warna hijau adalah warna yang menenangkan yang membawa kesegaran alam di dalam sebuah ruangan. Beberapa studi menunjukkan bahwa warna hijau berdampak pada psikologis anak dalam hal meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman membaca.

Dekorasi kamar berwarna hijau mungkin merupakan pilihan yang sangat baik bagi anak yang suka beraktivitas di dalam kamar. Warna hijau memberi pengaruh menenangkan terhadap psikologis anak.

Biru

Biru sering disarankan sebagai warna kamar untuk anak-anak yang sangat rentan terhadap tantrum. Hal ini dikarenakan warna cat kamar biru terbukti memberi pengaruh ketenangan terhadap psikologis anak. Warna biru mampu menurunkan denyut jantung, tekanan darah, dan memperlambat pernapasan orang-orang yang gelisah.

Namun, berhati-hatilah karena membuat ruangan yang penuh dengan warna biru dapat melampaui efek menenangkan dan akhirnya memiliki lebih banyak efek yang menekan. Cobalah untuk menyeimbangkan warna biru dengan  warna kuning atau warna merah.

Baca juga: Bunda, Ini Manfaat Kakak dan Adik Tidur Sekamar

Ungu

Ungu, sering dianggap sebagai pilihan kedua untuk kamar anak perempuan setelah warna pink. Dekorasi kamar berwarna ungu akan memberi pengaruh untuk mengilhami perhatian, kepekaan, dan spiritualitas terhadap psikologis anak.

Menjadikan warna ungu sebagai warna cat kamar anak dapat mempengaruhi psikologis anak untuk memperlambat kecepatan mereka yang sibuk dan membantu mereka berhenti sejenak untuk mempertimbangkan pikiran dan perasaan orang lain.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi