Harus Tahu, Pentingnya Protein untuk Pertumbuhan Rambut

doktersehat-manfaat-protein-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sepenting apakah protein untuk kesehatan rambut? Pada dasarnya, nutrisi-nutrisi baik memang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, begitu pun dengan rambut. Namun, agar lebih jelas mengenai manfaat protein untuk rambut, kami lansirkan informasi dari Stylecraze berikut ini untuk Anda.

1. Mengapa Protein Penting untuk Kesehatan Rambut?

Setiap helai rambut di kepala terbentuk dari 88-90% keratin protein. Sementara, tubuh sendiri membutuhkan protein setidaknya sebanyak 20%. Jadi, jumlah 20% tersebut adalah tanda bahwa tubuh memerlukan protein agar semua fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Bila asupan protein Anda kurang, tubuh akan menggunakan asupan protein yang ada untuk menutrisi fungsi-fungsi yang lebih penting, seperti memproduksi hormone, antibody dan enzim. Rambut, tidak termasuk hitungan yang penting. Ketika itu terjadi, pasukan protein pada folikel rambut akan menurun. Dalam jangka waktu lama, rambut akan kering dan rapuh. Singkatnya, manfaat protein untuk rambut adalah sebagai makanan rambut agar rambut tetap sehat.

2. Bagaimana Protein Bekerja Melindungi Rambut?

Cara bekerja protein untuk melindungi rambut adalah dengan melapisi bagian luar folikel rambut dengan protein. Hingga menjadi keras dan dapat melindungi rambut dari kerusakan lebih parah. Berdasar jenis kerusakan pada rambut, ada 4 jenis perawatan yang bisa Anda lakukan. Yaitu perawatan intensif, perawatan ringan, perawatan yang lebih serius dan rekontruksi untuk kerusakan yang parah. Namun, di antara jenis perawatan tersebut, menutrisi rambut dari dalam dengan perbanyak konsumsi protein adalah yang paling penting.

3. Bagaimana Mendapatkan Protein?

Jawabannya tentu saja dengan perbanyak konsumsi protein. Begitu juga dengan Anda yang tengah melaksanakan diet. Pilih makanan-makanan tinggi protein seperti telur, dada ayam, ikan tuna, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. Bahan-bahan makanan tersebut mengandung banyak protein yang bisa membantu menyehatkan rambut dari dalam.

Manfaat protein untuk rambut, seperti tidak terpikirkan. Padahal, sama seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan asupan protein agar tetap dapat tumbuh dengan baik, terjaga kesehatannya.