Prolacta for Mother: Manfaat, Dosis, Efek Samping

prolacta-for-mother-doktersehat

DokterSehat.Com – Prolacta for Mother obat apa? Prolacta DHA for Mother atau Prolacta for Mother adalah suplemen dengan nutrisi tinggi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui. Suplemen ini berguna untuk memenuhi kebutuhan DHA dan nutrisi lainnya yang tidak dapat terpenuhi hanya dengan makanan selama masa kehamilan.

Ketahui lebih lanjut tentang kandungan, manfaat, dosis, efek samping, dan lainnya tentang Prolacta for Mother melalui artikel ini.

Kandungan Prolacta for Mother

Kandungan Prolacta for Mother antara lain adalah DHA, EPA, dan juga vitamin E. Berikut adalah rincian kandungannya:

1. DHA dalam Prolacta for Mother

Kandungan pertama adalah DHA (Asam dokosaheksaenoat) sebanyak 214 mg dalam setiap butir Prolacta for Mother. DHA merupakan salah satu bentuk asam lemak omega-3. Fungsi DHA selama masa kehamilan sangat penting, yaitu untuk menunjang perkembangan otak janin.

2. EPA dalam Prolacta for Mother

Kandungan selanjutnya adalah EPA (Asam eikosapentanoat) sebanyak 20 mg. Sama halnya seperti DHA, EPA juga merupakan jenis omega-3 yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak janin.

3. Vitamin E dalam Prolacta for Mother

Nutrisi lain yang terkandung dalam Prolacta for Mother adalah vitamin E sebanyak 10 mg dalam setiap butirnya. Vitamin E dipercaya dapat menurunkan risiko preeklamsia dan membantu meningkatkan sistem imun ibu selama kehamilan. Meskipun begitu, konsumsi vitamin E harus dengan dosis yang pas dan tidak boleh berlebihan karena akan berisiko pada kehamilan.

Manfaat Prolacta for Mother

Berdasarkan kandungan yang ada di dalam suplemen Prolacta for Mother, berikut adalah manfaat suplemen satu ini:

  • Menunjang pertumbuhan otak janin.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin E harian pada ibu hamil.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama menyusui.

Dosis Prolacta for Mother

Dosis Prolacta DHA for Mother yang disarankan adalah sebanyak 1 butir per hari. Gunakanlah obat sesuai dosis yang disarankan pada kemasan atau berdasarkan saran dari dokter. Jangan mengganti dosis tanpa berdiskusi dengan dokter atau apoteker sebelumnya.

Petunjuk Penggunaan Prolacta for Mother

Penggunaan obat Prolacta for Mother sebaiknya digunakan sesuai dengan aturannya. Berikut adalah petunjuk penggunaan Prolacta for Mother:

  • Prolacta for Mother dapat digunakan bersama atau tanpa makanan.
  • Gunakan Prolacta for Mother sesuai dengan dosis yang disarankan.
  • Gunakan Prolacta for Mother pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Jika dosis terlewat, segera konsumsi obat saat ingat.
  • Jika tidak sengaja mengonsumsi Prolacta for Mother melebihi dosis yang disarankan, segera konsultasikan ke dokter.

Petunjuk Penyimpanan Prolacta for Mother

Berikut adalah petunjuk penyimpanan Prolacta for Mother yang harus diperhatikan:

  • Simpan Prolacta for Mother pada suhu di bawah 25°C.
  • Simpan Prolacta for Mother di tempat kering dan tidak lembap.
  • Hindari Prolacta for Mother dari cahaya atau sinar matahari langsung.
  • Hindari Prolacta for Mother dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Efek Samping Prolacta for Mother

Penggunaan Prolacta fot Mother sebagai suplemen selama masa kehamilan dan menyusui sebenarnya relatif aman. Hanya saja, suplemen ini juga tentunya masih berpotensi menimbulkan efek samping, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah beberapa potensi efek samping Prolacta for Mother:

  • Reaksi alergi
  • Pendarahan internal hingga pendarahan otak

Efek samping tidak selalu terjadi. Efek samping reaksi alergi tentunya hanya akan muncul pada pasien yang hipersensitif pada komponen yang terkandung dalam obat ini. Maka dari itu, jangan gunakan suplemen ini jika memiliki riwayat alergi terhadap omega-3, vitamin E, atau komponen lain dalam obat.

Sedangkan untuk menghindari efek samping lainnya, jangan gunakan obat ini melebihi dari dosis yang disarankan. Jika terjadi efek samping dari penggunaan suplemen ini, hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat Prolacta for Mother

Interaksi obat dapat terjadi ketika Prolacta DHA for Mother digunakan bersama dengan jenis obat-obatan lain tertentu. Interaksi obat menyebabkan efektivitas obat menurun dan dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping.

Belum diketahui jenis obat apa saja yang berinteraksi pada Prolacta for Mother karena penggunaan obat selama masa kehamilan juga tidak umum dilakukan. Selalu diskusikan dengan dokter tentang penggunaan obat ini jika Anda mengonsumsi obat lain selama masa kehamilan dan menyusui.

Konsumsi makanan atau minuman tertentu juga kemungkinan dapat berpengaruh pada suplemen ini. Diskusikan dengan dokter tentang makanan dan minuman apa saja yang aman untuk dikonsumsi selama pengggunaan suplemen ini.

Peringatan dan Perhatian Prolacta for Mother

Prolacta for Mother adalah suplemen yang dapat didapatkan tanpa menggunakan resep dokter. Namun penggunaannya sebaiknya harus tetap dikonsultasikan pada dokter maupun bidan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu menjadi peringatan dan perhatian selama penggunaan obat Prolacta for Mother:

  • Jangan gunakan obat Prolacta for Mother pada pasien yang hipersensitif pada komponen yang terkandung di dalam suplemen ini.
  • Obat ini hanya untuk digunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Tidak disarankan untuk dikonsumsi selain pada masa tersebut.
  • Suplemen ini umumnya digunakan pada masa akhir trimester kedua atau usia kehamilan sekitar 6 bulan, karena kebutuhan nutrisi yang terkandung dalam Prolacta fot Mother meningkat selama masa tersebut.
  • Suplemen hanya merupakan nutrisi pendukung, sehingga ibu hamil dan menyusui tetap harus menjaga asupan nutrisi DHA, EPA, dan vitamin E dengan cara mengonsumsi makanan bergizi.

Harga Prolacta for Mother

Harga Prolacta for Mother beragam, harga yang umum ditawarkan adalah berkisar Rp62.000 hingga Rp70.000 untuk satu stripnya.