Macam-Macam Program Hamil agar Segera Dapat Momongan

macam-macam-program-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada banyak pasangan yang tidak kunjung memiliki momongan di usia pernikahan yang sudah lama. Penyebabnya beragam, seperti ovulasi yang tidak berhasil, masalah sistem reproduksi, jumlah dan kualitas sperma yang kurang baik, masalah medis lainnya. Lalu, apa program hamil yang harus dilakukan?

Macam-Macam Program Hamil

Berikut adalah beberapa program hamil agar cepat punya anak:

1. Terapi Kesuburan

Jika penyebab susah hamil karena masalah kesuburan, maka Anda bisa melakukan terapi kesuburan. Terapi kesuburan banyak dilakukan oleh wanita untuk membuat ovulasi jadi subur dan lancar. Peluang berhasil cepat hamil dengan terapi kesuburan cukup besar.

Salah satu jenis terapi kesuburan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan konsumsi obat-obatan.

Terapi kesuburan dengan obat-obatan dianjurkan untuk wanita yang mengalami masalah pada proses ovulasi. Obat-obatan ini juga mungkin diberikan ke pihak laki-laki tergantung kondisi kesuburannya. Beberapa obat-obatan untuk terapi kesuburan yaitu:

  • Klomifen: Membantu dalam pelepasan sel telur atau ovulasi pada wanita yang ovulasinya terganggu atau tidak berovulasi sama sekali.
  • Tamoxifen: Obat alternatif selain Klomifen untuk membantu proses ovulasi agar lancar.
  • Metformin: Untuk wanita yang mengalami penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS).
  • Gonadotropins: Membantu stimulasi ovulasi pada wanita dan menambah kesuburan pada laki-laki.
  • Hormon pelepas gonadotropin dan agonis dopamine: Pengobatan lain yang dianjurkan untuk menyuburkan ovulasi.

Obat-obat tersebut dianjurkan untuk menyuburkan dan memperlancar proses ovulasi, namun dapat mengakibatkan beberapa efek samping, seperti muntah, mual, dan sakit kepala. Konsultasikanlah ke dokter kandungan obat mana yang paling cocok untuk Anda.

2. Operasi

Terapi kehamilan lainnya adalah dengan operasi yang umumnya untuk mengatasi masalah di saluran tuba falopi. Ada beberapa tipe operasi terapi kesuburan, yaitu:

  • Operasi Tuba Falopi

Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan antara ovarium dan rahim. Operasi tuba falopi dilakukan untuk memperbaiki saluran tuba jika terhambat atau rusak. Jika tuba falopi tersumbat, maka telur kesulitan untuk melewatinya dan Anda jadi sulit hamil.

Operasi tuba falopi akan membuka jalan bagi telur lebih lancar sehingga proses ovulasi bisa berhasil. Operasi tuba falopi dapat mengakibatkan komplikasi seperti telur yang dibuahi berkembang di luar rahim.

  • Laparoskopi

Penyebab wanita sulit hamil lainnya adalah Endometriosis, Fibroid, dan PCOS. Operasi laparoskopi dilakukan untuk wanita dengan endometriosis yaitu ketika jaringan yang membentuk lapisan dinding  rahim tumbuh hingga keluar rahim.

  • Penyumbatan Epididimis

Epididimis adalah gulungan di testis yang berfungsi untuk menyimpan dan mengangkut sperma. Epididimis dapat terjadi penyumbatan yang berakibat pada sperma tidak keluar secara normal pada saat mengalami ejakulasi.

3. Program Bayi Tabung

Bayi tabung atau in Vitro Fertilization (IVF) adalah program kehamilan dimana proses pembuahan sel telur oleh sperma dilakukan di luar rahim wanita. Program bayi tabung adalah telur dari indung telur wanita diambil untuk dibuahi oleh sperma dengan teknologi di laboratorium.

Telur yang sudah dibuahi disebut embrio. Embrio yang sudah dibuahi dapat dibekukan lalu dipindahkan ke uterus atau rahim wanita. Selanjutnya wanita tersebut hamil seperti biasa namun harus di bawah perawatan eksklusif.

Program bayi tabung menjadi salah satu solusi untuk wanita yang sulit hamil. Namun, ada beberapa kemungkinan risiko dari program bayi tabung seperti cacat lahir, prematur, dan keguguran. Biaya bayi tabung di Indonesia mulai dari 20 sampai 80 juta rupiah.

4. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan adalah program hamil dimana sperma dimasukkan secara langsung ke uterus. Sperma yang dimasukkan bisa berupa sperma yang sudah disiapkan berkualitas agar wanita cepat hamil. Terdapat dua metode inseminasi buatan, yaitu:

  • Intracervical Insemination (ICI)

Intracervical Insemination (ICI) adalah metode inseminasi buatan dimana sperma dimasukkan ke saluran menuju uterus. Intracervical Insemination (ICI) ini dapat dilakukan dengan sperma pasangan atau melalui donor sperma.

  • Intrauterine Insemination (IUI)

Intrauterine Insemination (IUI) adalah metode inseminasi buatan dimana sperma dimasukan secara langsung ke uterus wanita. Sperma yang digunakan adalah sperma yang sudah disiapkan. Dokter akan menggunakan alat khusus disebut spekulum untuk mencapai rahim dengan mudah.

Program Hamil Alami

Macam-macam program hamil tersebut dapat Anda lakukan berdasarkan saran dokter, tergantung dengan kondisi Anda dan pasangan.

Berikut ini adalah cara program hamil secara alami:

1. Konsumsi Asam Folat

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi asam folat dua bulan sebelum program hamil atau satu bulan setelah Anda melepas KB. Sumber asam folat diantaranya adalah bayam, asparagus, selada, brokoli, roti gandum, alpukat, mangga, jeruk, dll.

Anda juga dianjurkan minum susu asam folat atau susu persiapan hamil. Asam folat atau folic acid adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah bayi lahir cacat dan baik untuk perkembangan janin Anda. Cara program hamil lainnya adalah dengan minum obat subur.

2. Kurangi Kafein

Cara program hamil selanjutnya adalah dengan membatasi jumlah kafein harian. Salah satu studi yang menunjukkan hubungan asupan kafein berlebih memengaruhi kesuburan dimuat di salah satu jurnal penelitian.

Dimana penelitian pada tikus menunjukkan kafein berlebihan yang diberikan ke tikus menghambat kontraksi di tuba falopi yang dibutuhkan untuk membawa sel telur ke rahim.

Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi terlalu banyak kafein dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan memiliki risiko keguguran lebih banyak. Jika Anda sedang dalam program hamil disarankan untuk mengurangi kafein untuk Anda dan pasangan juga.

3. Jaga Berat Badan

Body Mass Index (BMI) juga berpengaruh pada keberhasilan program hamil Anda. Pastikan berat badan Anda normal. Terlalu gemuk atau terlalu kurus juga berpengaruh pada tingkat kesuburan Anda. Hal ini juga berlaku untuk pasangan Anda. Anda bisa menghitung berat ideal kalkulator bmi di www.doktersehat.com

4. Berhenti Merokok dan Jangan Konsumsi Alkohol

Jika Anda adalah wanita perokok, mohon segera berhenti karena kandungan nikotin dan bahan kimia lain memengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Hal ini juga berlaku bagi pasangan Anda.

Kandungan rokok dan alkohol akan mengganggu perkembangan janin. Terdapat macam-macam program hamil namun tidak akan manjur jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat salah satunya tidak merokok.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat bersama Pasangan

Jalani hidup sehat dengan pasangan seperti makan makanan yang sehat dan bergizi, hindari  stres psikologis, tingkatkan hubungan intim yang berkualitas. Rajinlah cek kesehatan reproduksi di dokter.

Jangan lupa sama-sama berpikiran positif dan lebih sering berhubungan seksual agar cepat punya momongan. Inisiatif dengan pasangan untuk mencoba lebih banyak posisi seks dan lakukan di waktu yang tepat.

Itulah beberapa cara program hamil yang bisa dilakukan. Jaga kesehatan reproduksi Anda agar bisa cepat hamil.

Jangan lupa untuk juga menjaga kesehatan mental, jangan sampai stres. Apabila merasakan gejala-gejala stress berat, jangan lupa konsultasikan ke ahli dan cari dukungan moral dari pasangan, sahabat, atau keluarga.

Tanya-jawab Program Hamil bersama dr. Adrian Setiaji

Belum lama ini DokterSehat bersama @KelasMomBaby dan @sharingmombaby mengadakan tanya-jawab langsung dengan dr. Adiran Setiaji melalui grup WhatsApp. Tema yang diangkat adalah “Macam-Macam Program Hamil agar Segera Dapat Momongan”.

Berikut beberapa pertanyaan dari anggota grup yang dijawab langsung oleh dr. Adrian Setiaji selama diskusi berlangsung:

1. Kapan waktu berhubungan yang tepat dok supaya cepat dapat momongan?

Jawaban: Cara paling mudah dan alami adalah menghitung masa subur dan berhubungan di saat masa subur tersebut. Perlu diingat bahwa bukan berarti hal ini dapat menyebabkan kehamilan secara pasti, namun meningkatkan kemungkinan terjadinya hamil.

2. Apakah benar ada mandul sekunder?

Jawaban: Mandul sekunder adalah kondisi di mana ibu belum bisa hamil kembali setelah melahirkan anak pertama dalam waktu yang lama. Penyebabnya bisa bermacam-macam dari penyakit yang mendasari, berat badan meningkat, faktor stres, gangguan hormonal, dll.

3. Ada cara atau kiat khusus untuk hamil anak laki laki? Mungkin dari segi usia atau makanan yang kita konsumsi?

Jawaban: Memang selama ini ada teori-teori supaya bisa hamil anak laki-laki. Tetapi secara medis, teori tersebut belum dapat dibuktikan dan dipastikan secara ilmiah.

4. Olahraga dan diet apa yang cocok untuk dilakukan pasien PCOS yang ingin program hamil dengan riwayat penyakit sindrom metabolik?

Jawaban: Diet rendah gula/karbohidrat. Olahraganya dapat berupa cardio (jogging, renang, dll) atau fitness. Sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis gizi.

5. Apa benar perempuan yang menstruasinya tidak lancar akan menghambat proses kehamilan? Lantas bagaimana mengetahui kualitas sperma suami saya?

Jawaban: Ada pengaruh dari siklus menstruasi tidak lancar terhadap kemungkinan hamil karena berhubungan dengan kadar hormon dalam tubuh. Cara mengetahui kualitas sperma yaitu dapat dilakukan pemeriksaan kesuburan (pemeriksaan sperma). Sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan tersebut.

Itu dia beberapa pertanyaan seputar macam-macam program hamil agar cepat punya akan yang dijawab langsung oleh dr. Adrian Setiaji. Masih ada yang ingin ditanyakan? Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dr. Adrian Setiaji dan tim dokter dari DokterSehat secara GRATIS!

Cukup follow dan tanyakan langsung pertanyaan Anda melalui Social Media DokterSehat berikut ini: