Terbit: 18 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pria cenderung acuh dengan skrotum atau kantung zakar yang dimiliki ketimbang batang penisnya. Akibat keacuhan itu, skrotum yang di dalamnya terdapat testis bisa mengalami gangguan seperti peradangan, pertumbuhan abnormal, dan akumulasi cairan yang bisa berbahaya untuk tubuh atau kemampuan reproduksi secara khusus.

Pria, Waspadai Kelainan pada Skrotum dan Testis

Kalau skrotum yang Anda miliki terasa janggal, sebaiknya waspada. Segera lakukan konsultasi dengan dokter karena bisa saja masalah itu muncul akibat gangguan di bawah ini.

1. Varikokel
Saat kita terlalu lelah berlari atau berjalan, beberapa orang melarang kita untuk menekuk kaki karena takut varises. Varises adalah pembengkakan pada vena yang akhirnya muncul dan bisa teraba oleh kulit. Nah, kasus varises ternyata terjadi juga di testis, saat vena membengkak, testis akan alami varikokel yang berbahaya.

Varikokel harus segera diatasi karena bisa membuat testis mengecil. Saat testis mengecil, sperma yang dihasilkan akan jauh lebih kecil dan berpeluang menyebabkan infertilitas.

2. Torsio testis
Torsio tesis adalah gangguan pada saluran darah yang ada di dalam testis. Saluran darah ini berguna mengalirkan sari makanan ke testis dan membuatnya mampu berfungsi dengan baik. Sayangnya, karena beberapa hal saluran darah ini bisa terhambat sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

Hambatan darah pada testis bisa memengaruhi kualitas sperma yang keluar. Parahnya kalau hambatan ini tidak segera diatasi, kerusakan permanen pada testis bisa terjadi.

3. Hidrokel
Hidrokel adalah kondisi saat cairan memenuhi skrotum dan membuat testis di dalamnya seperti terendam. Hidrokel tidak berbahaya untuk kesehatan testis atau sperma. Namun, kalau cairan ini tidak kunjung hilang dan akhir terjadi pembengkakan dan rasa nyeri, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Inilah gangguan yang kerap muncul pada skrotum dan testis. Sebagai pria kita harus mengetahui kesehatan skrotum dan testis dengan rutin mengeceknya setiap hari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi