Mengapa Pria Suka Langsung Tidur Usai Bercinta?

doktersehat pria tidur usai seks

DokterSehat.Com – Bukan rahasia lagi kalau dalam dunia seks, pria sering dianggap sebagai raja tidur. Setelah melakukan seks yang hebat, pria sering langsung tidur begitu saja. Bahkan mereka tidak sempat untuk mengobrol dengan pasangan atau sekadar menanyakan apakah seksnya berjalan dengan nikmat atau tidak?

Kebiasaan ini mungkin dianggap biasa oleh beberapa wanita. Namun, ada juga wanita yang mengeluhkan kondisi ini karena merasa tidak dihargai. Beberapa wanita ingin menikmati afterplay dengan lebih intens agar bisa bermanja-manja atau sekadar bercita hal-hal random.

Nah, kira-kira kenapa ya pria sering sekali tidur usai bercinta?

Alasan pria mudah sekali mengantuk

Sebenarnya kebiasaan langsung tidur karena terlalu mengantuk bukanlah salah pria semata. Ada beberapa hal pada tubuhnya yang berubah sehingga pria tidak bisa menolaknya. Berikut beberapa hal yang membuat pria mudah sekali tidur.

  • Kecapaian pada otot. Dalam seks, pria cenderung bekerja lebih intens dan aktif di setiap gerakan. Meski seks terlihat sederhana, energi yang diperlukan untuk aktivitas ini cukup banyak dan cukup membuat pria jadi lemas. Fungsi otot menurun sehingga pria cenderung mudah sekali mengantuk dan akhirnya tertidur begitu saja.
  • Setelah melakukan seks dan mendapatkan orgasme dan ejakulasi tubuh pria akan menghasilkan oksitoksin, prolaktin, endorfin, dan GABA. Empat zat aktif ini menyebabkan rasa kantuk dan nyaman. Wanita juga menghasilkan hormon ini saat bercinta. Namun, tidak semua wanita mendapatkan orgasme saat bercinta bukan? Itulah kenapa wanita jarang alami kantuk.
  • Pria adalah makhluk yang secara umum bukan komunikator. Sementara itu wanita cenderung mudah berbicara. Apa yang dirasakan saat bercinta sering jadi topik pembicaraan padahal pria sudah capai dan mengantuk.

Cara membuat pria tidak langsung tidur

Meski pria cenderung mudah capai dan mengantuk ada beberapa hal yang bisa dilakukan wanita agar pasangannya tidak mudah tidur. Berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk dilakukan.

  • Coba ajak pasangan untuk bangkit dari kamar tidur lalu ke dapur untuk masak bersama atau sekadar membuat minuman hangat seperti cokelat. Minuman manis akan membangkitkan energinya dengan mudah sehingga pengaruh kantuk bisa cepat reda.
  • Lakukan seks saat pagi hari, karena akan berangkat kerja, tidak mungkin pasangan tidur. Pasti dia akan segera bangkit dan mandi bermalas-malasan sebentar sebelum akhirnya beranjak.
  • Coba lakukan hal-hal yang bisa menarik perhatiannya. Misal agak menggoda dan membuat dia tidak mengantuk. Jangan memaksa dia untuk membicarakan hal yang tidak disukai.

Efek samping langsung tidur usai seks

Selain dengan tiga cara di atas, wanita disarankan untuk mengajarkan pentingnya sanitasi pasca seks. Kalau pria tidak segera melakukannya, beberapa hal di bawah ini bisa saja terjadi.

  • Kotoran pada penis akan mengering dan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Saat melakukan penetrasi, penis akan terkena campuran cairan pelumas dan air maninya sendiri.
  • Cairan yang mengering juga rentan sekali dihinggapi oleh bakteri. Rasa gatal dan infeksi bisa saja terjadi dan membuat pria akan merasakan kondisi tidak nyaman selama tidur.
  • Sisa cairan yang masih berada di saluran reproduksi bisa saja mengganggu pria. Oleh karena itu buang air kecil setelah tidur disarankan untuk dilakukan.
  • Tubuh yang terlalu lelah akan menggunakan cadangan energi untuk bertahan. Biasanya energi dari otot kerap dipakai sehingga ukurannya menurun. Makan atau minum sesuatu yang manis harus dilakukan sebelum tidur.

Demikianlah ulasan singkat tentang alasan pria mudah sekali mengantuk dan tidur setelah bercinta. Nah, pasangan Anda tipe yang mana? Langsung tidur atau suka melakukan afterplay dengan Anda?