Mengapa Pria Rentan Sekali Terkena Diabetes Tipe 2?

iabetes-pada-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Diabetes tipe 2 bisa terjadi pada pria atau wanita. Diabetes biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia atau saat sudah lanjut usia. Meski demikian, diabetes bisa juga terjadi pada mereka yang masih muda kalau memiliki gaya hidup yang sangat buruk dan cenderung berantakan.

Diabetes pada Pria

Dilansir pada BBC, penelitian dari Professor Naveed Sattar mengatakan kalau pria cenderung lebih rentan terkena obesitas. Kondisi ini terjadi karena gaya hidup pria yang kadang kurang diperhatikan setiap harinya. Apalagi pria bekerja di kantor dan sangat sibuk setiap harinya.

Gender memiliki peranan yang cukup besar dalam pembentukan diabetes. Terkadang kebiasaan sehari-hari yang dianggap biasa saja juga memicu diabetes perlahan-lahan. Menjalani gaya hidup yang sehat dan memiliki lingkungan sosial yang mendukung hidup sangat penting agar diabetes tidak terjadi di usia muda.

Alasan Pria Mudah Sekali Mengalami Diabetes

Secara umum ada beberapa kondisi yang membuat pria jadi rentan sekali mengalami diabetes. Berikut beberapa kondisi yang harus diperhatikan dengan baik.

  1. Obesitas

Obesitas adalah penyebab diabetes yang paling utama untuk pria muda yang masih produktif. Kondisi dari obesitas ini menyebabkan gangguan pada tubuh baik produksi testosteron dan juga mencegah tubuh merespons insulin.

Kondisi obesitas ini juga bisa menjalar ke organ tubuh yang lain seperti jantung dan jaringan kardiovaskular lainnya. Kalau pria ingin menurunkan risiko diabetes, lemak di dalam tubuh harus diturunkan.

  1. Pola Makan yang Buruk

Seseorang bisa mengalami diabetes dari apa yang dimakan. Kalau kadar gula darah di dalam tubuh terus tinggi, kemungkinan tubuh resisten terhadap insulin akan semakin tinggi.

Agar kondisi tubuh tetap stabil selalu kontrol apa yang dimakan. Gunakan gula rendah kalori dan tidak mengonsumsi nasi putih terlalu banyak.

  1. Faktor Keturunan

Hereditas atau keturunan memberikan sumbangan besar apakah Anda bisa terkena diabetes atau tidak. Meski peluang ini tidak seratus persen, diabetes bisa terjadi kalau Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Kalau Ada ayah, ibu, nenek, atau kakek yang terkena diabetes, lebih baik waspada sejak dini. Kurangi asupan gula dalam tubuh setiap harinya.

  1. Kurang Tidur dan Mengalami Stres

Pria sering melakukan aktivitas di malam hari, apalagi kalau bekerja. Mereka suka sekali begadang dan menyebabkan tubuh mengalami lelah dan stres. Kalau tubuh sampai ada pada kondisi ini metabolisme akan terganggu dan Anda susah sekali mempertahankan gula darah.

Stres juga memicu Anda makan terlalu banyak dan tidak memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi stres di dalam tubuh dan coba untuk beristirahat dengan cukup setiap harinya.

  1. Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Kalau dilihat sekilas, alkohol dan rokok seperti tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh. Namun, pada tingkat sel, kebiasaan ini bisa menyebabkan penurunan metabolisme pada tubuh. Anda akan mudah mengalami obesitas dan produksi insulin akan semakin turun.

Mulai sekarang, jauhi rokok apa pun jenisnya. Lebih baik banyak berolahraga secara rutin untuk menghindari ketergantungan dengan rokok. Hal senada juga berlaku untuk alkohol. Anda harus mengurangi atau berhenti sama sekali.

  1. Infeksi Virus Tertentu

Virus berbahaya seperti rubella, gondong, dan adenovirus menyebabkan sel di dalam tubuh khususnya pankreas jadi menurun dan rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan kondisi diabetes secara perlahan-lahan. Seperti yang kita tahu, pankreas adalah bagian dari tubuh yang menghasilkan insulin.

Penyembuhan virus harus segera dilakukan, agar kondisi diabetes tidak terjadi. Jika penanganannya terlambat pankreas bisa mengalami disfungsi. Akhirnya insulin tidak bisa dihasilkan sehingga gula darah di dalam tubuh akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

  1. Jarang Berolahraga

Pria mudah yang malas berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya akan mengalami gangguan pada tubuh. Obesitas akan mudah sekali terbentuk dan metabolisme akan melambat karena tidak ada pemicunya. Kalau jarang olahraga, gula darah di dalam tubuh juga semakin meningkat karena glukosa tidak digunakan.

Risiko diabetes ini akan semakin tinggi pada mereka yang banyak bekerja di kantor. Pasalnya mereka yang kerja dari pagi sampai sore, bahkan ada yang malam akan malas sekali melakukan olahraga, bahkan akhir pekannya hanya dihabiskan dengan tidur saja tanpa ada aktivitas fisik yang kuat.

Tips Mencegah Munculnya Diabetes

Pemicu dari diabetes ada banyak dan hampir semuanya bisa terjadi pada pria dengan sangat mudah. Yang bisa dilakukan oleh pria agar tidak terkena penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini terdiri dari:

  • Membatasi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana termasuk di dalamnya ada gula dan sesuatu yang manis.
  • Menjaga BMI agar selalu stabil. Kalau seorang pria memiliki BMI yang cukup tinggi, kemungkinan besar mereka akan mengalami obesitas. Kondisi ini akan membuat tubuh semakin mudah mengalami diabetes tipe 2.
  • Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Anda tidak harus selalu pergi ke gym. Kalau memang hanya bisa jalan kaki saja tidak masalah asal dilakukan secara rutin setiap harinya.
  • Memeriksakan diri ke dokter atau membeli alat untuk mengecek gula darah. Kalau Anda memiliki riwayat dari keluarga, cara ini wajib sekali dilakukan.

Inilah beberapa ulasan tentang diabetes yang terjadi pada pria. Mulai saat ini mari lebih bisa menjaga tubuh dan juga pola makan agar kondisi diabetes yang berbahaya tidak terjadi lagi.

 

 

Sumber:

  1. BBC. 2011. Men ‘more prone to type 2 diabetes’. https://www.bbc.com/news/health-15147999. (Diakses 7 September 2019).
  2. Kautzky-Willer, Alexandra. 2016. Sex and Gender Differences in Risk, Pathophysiology and Complications of Type 2 Diabetes Mellitus. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4890267/. (Diakses 7 September 2019).
  3. Web MD. Men and Type 2 Diabetes. https://www.webmd.com/men/guide/diabetes-men#1. (Diakses 7 September 2019).