Pria Lebih Cepat Sembuh dari Flu Daripada Wanita

Doktersehat-obat-flu

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika pria cenderung lebih cepat sembuh dari wanita saat terkena flu? Hal ini ternyata bisa dijelaskan dari sisi ilmu pengetahuan. Seperti apakah penjelasan tersebut?

Dilansir dari Independent, diketahui bahwa penelitian terbaru dilakukan oleh para ahli dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health demi mengetahui bagaiman efek influenza bagi pria dan wanita. Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Biology of Sex Differences ini, dihasilkan fakta bahwa wanita cenderung lebih menderita dan mendapatkan dampak lebih parah saat terkena flu daripada pria. Sayangnya, alasan dari hal ini masih belum benar-benar ditemukan.

Para peneliti menggunakan tikus percobaan dan sel manusia yang diekstrak dari tubuh manusia. Tikus dan sel-sel ini kemudian dipapar oleh virus H1N1 atau yang lebih dikenal sebagai flu burung, penyakit yang sempat menghebohkan dunia pada 2009 dan 2010 karena memicu kematian hingga lebih dari 18 ribu orang di seluruh dunia.

Hasilnya adalah, tikus percobaan jantan dan sel manusia dari tubuh laki-laki mampu memproduksi amphiregulin lebih banyak saat terpapar virus flu tersebut. Sebagai informasi, amphiregulin adalah salah satu faktor pertumbuhan yang berperan besar dalam perbaikan dan pengembangan jaringan tubuh.

Para peneliti pun kemudian menduga bahwa tingginya produksi amphiregulin pada tubuh tikus jantan dan sel tubuh pria berpengaruh pada kesembuhan flu yang lebih cepat. Selain itu, menurut Sabra Klein, PhD yang merupakan penulis utama dari penelitian ini, tubuh wanita memang cenderung mengalami perbaikan jaringan dengan lebih lambat.

Diharapkan, penemuan ini bisa menghasilkan obat-obatan yang membantu proses pengobatan flu yang lebih cepat bagi siapa saja, termasuk kaum hawa yang cenderung lebih lama mengalaminya daripada pria.