Pria Ini Tidak BAB Selama 43 Hari!

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang cukup aneh terjadi di Inggris. Seorang pria yang tidak disebutkan namanya tidak mau buang air besar karena diduga menyembunyikan narkoba yang Ia telan. Pria yang ditahan sejak 17 Januari 2018 lalu karena diduga sudah menelan sesuatu yang sepertinya adalah obat-obatan terlarang ini terus menerus makan dengan porsi sedikit dan menahan keinginan buang air besar selama 43 hari.

Pakar kesehatan Ian Lustbander dari New York University Langone Health menyebutkan bahwa ada dampak buruk yang bisa didapatkan jika kita lama tidak buang air besar. Masalah pertama yang akan terjadi adalah kondisi yang disebut sebagai megacolon. Kondisi ini membuat kotoran menjadi sangat keras dan akhirnya bisa menyebabkan pecah usus. Memang, usus besar bisa terus berkembang hingga mencapai tulang rusuk akibat dipenuhi oleh kotoran. Namun, tetap saja usus besar ini bisa mencapai titik maksimal yang membuatnya akhirnya pecah.

Terdapat sebuah kasus yang dialami oleh seorang anak berusia 13 tahun yang juga tidak mau buang air besar selama setahun. Sang anak mengalami fobia untuk BAB akibat dari pengalaman kurang menyenangkan saat melakukannya. Hasilnya adalah, sang anak mengalami sindrom retensi fefses fungsional dengan gejala sakit pada perut, kehilangan nafsu makan, dan mudah tersinggung.

Lustbander menyebutkan bahwa cara pria terduga penyimpan narkoba yang tidak banyak makan agar tidak mudah buang air besar bisa membuatnya mengalami masalah kurang gizi. Selain itu, kandungan dari kemasan obat yang ditelannya bisa mempengaruhi kesehatan tubuhnya dengan signifikan, apalagi obat tersebut sudah ada di dalam perutnya dalam waktu yang sekian lama. Selain itu, karena pria ini terus-menerus menahan keinginan untuk buang air besar, maka mekanisme umpan balik yang bisa membuat usus bergerak dengan lancar akan mengalami kerusakan. Ke depannya, sang pria akan kesulitan buang air besar jika tidak mengonsumsi pencahar.