Pria Ini Sempat Tidak Memiliki Wajah Selama 2 Bulan!

Photo Source: Getty Images/Philippe Lopez

DokterSehat.Com– Jerome Hamon sempat tidak memiliki wajah selama dua bulan karena mengalami kelainan genetik neufreufibromatosis tipe 1. Kondisi ini membuat wajahnya memiliki tumor dan komplikasi di wajahnya. Rupa wajah pria berusia 43 tahun ini menjadi tak karuan sehingga harus menjalani operasi transplantasi wajah.

Photo Source: Getty Images/Philippe Lopez

Dilansir dari Fox News, Hamon mendapatkan operasi transplantasi wajah pertamanya pada 2010 lalu. Saat itu, wajah yang dipindahkan pada mukanya berasal dari pria berusia 60 tahun. Sayangnya, enam tahun kemudian, tubuhnya mulai menolak donor wajah ini. Kondisi wajahnya menjadi sangat buruk sehingga Hamon pun harus kembali mengangkat kembali wajah ini pada 2017 lalu.

Saat itu, Hamon tak memiliki wajah dan terlihat seperti zombie atau mayat hidup. Bagaimana tidak, Ia tak memiliki kelopak mata, bibir, dan telinga. Hal ini membuatnya tak mampu makan, berbicara, atau mendengar dengan baik. Ia hanya mampu berkomunikasi dengan gerakan kepala atau menulis.

Kondisi ini bertahan hingga dua bulan sebelum akhirnya kembali mendapatkan donor wajah. Kali ini, wajah yang didapatkannya berasal dari pria berusia 22 tahun. Hanya saja, belajar dari kasus sebelumnya, dokter melakukan persiapan dengan lebih baik dan akan terus memantau kondisinya selama 3 bulan demi mencegah tubuh Hamon kembali menolak donor wajah ini.

Dr. Laurent Lantieri dari Georges Pampidou Hospital, Paris, adalah orang yang bertanggung jawab pada seluruh operasi transplantasi wajah yang dijalani Hamon. Dr. Laurent menganggap Hamon seperti korban perang nuklir. Namun, kondisinya kini semakin baik dan setelah tiga bulan mendapatkan penanganan intensif, Hamon dianggap sudah bisa hidup seperti biasa dengan wajah barunya.

Yang menarik adalah, Hamon justru menganggap dirinya seperti kembali muda karena mendapatkan wajah dari orang dengan usia yang jauh lebih muda. Memang, hal ini akan membuat banyak orang kebingungan dengan identitasnya, namun, kondisi ini jauh lebih baik daripada tidak memiliki wajah sama sekali.

Semoga tubuh Hamon tak lagi menolak wajah barunya ya?