DokterSehat.Com– Pria bernama Clifin Francis rela bersepeda dari India menuju Rusia hanya demi melihat pesepakbola idolanya, Lionel Messi berlaga di Piala Dunia 2018. Ia pun harus menempuh jarak sekitar enam ribu kilometer demi melakukannya.

clifin_francis_bersepeda_doktersehat_2

Dilansir dari BBC, pada Agustus 2017 lalu, Clifin masih tidak tahu bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat menuju Rusia. Pria yang berasal dari Kerala ini mengaku tidak punya uang karena berprofesi sebagai guru lepas dengan gaji sekitar Rp563 ribu per hari. Karena dana yang terbatas, ia pun nekat untuk memilih untuk bersepeda ke Negeri Beruang Merah.

“Kebetulan aku juga suka bersepeda. Jadi, aku pikir ini ide yang bagus untuk datang ke Rusia dengan cara ini,” ucap Clifin.

Ia memulai perjalanan ke Rusia pada 23 Februari 2018 lalu. Hanya saja, ia tidak benar-benar langsung bersepeda dari India, melainkan naik pesawat ke Dubai, Uni Emirat Arab terlebih dahulu. Setelahnya, ia harus membeli sepeda baru disana dan baru memulai perjalanannya dengan naik kapal feri menuju Iran.

Pada 11 Maret, Clifin mulai berpetualang di Iran dengan sepedanya. Secara luar biasa, ia hanya menginap di hotel selama dua malam saja dan menghabiskan uang sebanyak Rp400 ribu selama 45 hari disana karena kebaikan warga yang memperbolehkannya menginap dan memberinya makanan.

Sayangnya, sesampainya di Azerbaijan, ia mulai mengalami masalah dengan pihak yang berwajib. Foto di paspornya berbeda dengan dirinya yang mengalami penurunan berat badan akibat bersepeda jarak jauh. Beruntung, ia akhirnya diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya. Setelah melewati Dagestan, ia pun sudah memasuki wilayah Rusia dan kini sudah mencapai kota Tambov, 460 km dari ibukota Rusia.

Meski mendukung Messi dan Argentina, Clifin hanya memiliki tiket pertandingan antara Prancis melawan Denmark pada 26 Juni 2018 nanti. Meskipun begitu, Clifin puas dengan perjalanan luar biasanya yang membuatnya semakin sehat dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.