Mengapa Pria Selalu Ereksi Saat Bangun Tidur?

doktersehat ereksi pagi hari

DokterSehat.Com – Sudah bukan rahasia lagi kalau pagi hari saat bangun tidur atau tengah malam saat terbangun, pria kerap mengalami ereksi. Penis akan mengeras dengan sendirinya sehingga pria terkadang tidak nyaman kalau tidur dengan tengkurap atau area selangkangannya menekan sesuatu.

Ereksi saat pagi hari adalah hal normal dan terjadi pada semua pria muda dan sebagian besar pria yang sudah lanjut usia. Kejadian ini sering disebut sebagai NPT atau nocturnal penile tumescence. Ereksi ini merupakan tanda sehatnya kondisi tubuh pria sehingga aliran darah bisa berjalan dengan lancar ke seluruh tubuh termasuk penis.

Sekilas tentang NPT

NPT adalah kondisi alami yang dialami oleh tubuh pria khususnya mereka yang masih muda. Ereksi jenis ini biasanya muncul sejak pria berusia 6-8 tahun. Selanjutnya seiring dengan peningkatan alat reproduksi dan tumbuhnya testosteron, NPT akan sering muncul bahkan saat pria sedang tidur dengan nyenyak.

Berdasar penelitian, NPT ini bisa muncul sebanyak tiga kali sepanjang malam tanpa pria sadari. Selanjutnya saat pria bangun tidur, NPT muncul lagi dengan durasi yang cukup lama dan intens. Biasanya durasi ereksi berlangsung selama 15-30 menit dan akan menurun kekerasannya seiring dengan berjalannya waktu atau saat pria sudah menguras urinenya.

Kondisi ereksi yang cukup kuat ini membuat pria kerap mengalami kenaikan libido saat pagi hari. Selain itu, ereksi yang kuat juga bermanfaat untuk pria yang mengalami gangguan ereksi untuk mendapatkan seks yang hebat.

Penyebab NPT

NPT muncul pada pria bukan tanpa sebab. Ada tiga pemicu NPT yang membuat pria tidak pernah absen mendapatkan ereksi saat pagi hari.

  1. Stimulasi fisik

Meski sedang tidur dan mata terpejam, tubuh masih menerima stimulasi dengan maksimal. Kalau pria tidur dengan memeluk guling dan tidak sengaja penisnya menerima stimulasi perlahan-lahan, tubuh akan meresponsnya dalam bentuk ereksi yang kuat.

Jika Anda pernah membandingkan, kualitas ereksi saat tidur dengan celana lengkap dan tidur tanpa celana dalam, ereksinya akan berbeda. Kalau penis diberi kebebasan untuk bernapas, kualitas ereksinya jadi lebih baik,

  1. Perubahan hormon

Meski pria tidak mendapatkan stimulasi secara fisik, pria tetap mendapatkan ereksi yang maksimal. Kondisi ini bisa terjadi karena saat pagi hari kadar testosteron sedang ada pada puncaknya. Saat testosteron naik, pria akan mudah mendapatkan ereksi secara maksimal dan menurun setelah kesadarannya naik.

  1. Relaksasi otak

Saat sedang tidur, tubuh akan relaks dan hormon yang menekan terjadinya ereksi jadi menurun. Relaksasi otak terjadi setiap pagi hari sehingga memudahkan pria mendapatkan ereksi secara maksimal.

Jika NPT tidak muncul pada pria

Ereksi pagi hati atau NPT adalah tanda kesehatan seksual dan reproduksi pada pria. Kalau pria mengalami disfungsi ereksi dan paginya memiliki ereksi yang maksimal, berarti gangguan stres dan kecemasan yang terjadi. Namun, kalau saat pagi hari tidak ereksi, berarti beberapa hal di bawah ini sedang terjadi.

  • Kelebihan berat badan sehingga kadar lemak tinggi. Kadar lemak yang tinggi menekan testosteron sehingga ereksi susah sekali terjadi.
  • Memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi yang menyebabkan gangguan aliran darah secara masif.
  • Tinggi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Memiliki diabetes yang cukup parah dan gula darah sering tinggi setiap harinya.
  • Ada gangguan pada sistem seksual pria entah pada prostat atau testis.

Nah, sekarang sudah tidak bertanya-tanya lagi kan kenapa setiap pagi pria mengalami ereksi? Kalau Anda mengalaminya setiap pagi, berbahagialah karena tubuh sedang ada pada kondisi terbaiknya.