10 Penyebab Pria Sering Berkeringat di Malam Hari

sering-keringatan-tengah-malam-doktersehat

DokterSehat.Com – Kalau Anda berkeringat setelah melakukan olahraga di malam hari mungkin saja wajar. Namun, kalau mendadak berkeringat tanda sebab dan tubuh terasa tidak nyaman, bisa jadi sedang ada masalah pada tubuh dan Anda harus segera menanganinya. Kalau masalah ini tidak ditangani, kemungkinan terjadi gangguan tidur akan besar.

Pemicu keringat keluar di malam hari

Kalau pada wanita, keringat berlebihan di malam hari biasa saja tanda dari seseorang mengalami menopause. Pada pria, kondisi itu tidak terjadi ada faktor lain yang bisa menyebabkan mereka sering berkeringat di malam hari, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Stres dan anxiety

Kalau Anda mengalami stres berlebihan dan juga anxiety, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh. Masalah ini bisa berupa keringat dingin yang terus keluar dan gejala lainnya. Kondisi ini bisa muncul kapan saja bahkan di malam hari Kalau keringat sudah muncul, Anda akan susah tidur dengan nyenyak di malam hari.

Selain muncul keringat yang berlebihan, tubuh juga akan mengalami beberapa masalah seperti tekanan darah sering naik, sudah fokus untuk melakukan apa pun, kadang merasa sedih tanpa sebab, sering mimpi buruk, dan penurunan daya tahan sehingga tubuh mudah sekali sakit.

  1. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Kalau Anda mengalami gerah setiap malam dan dada terasa sangat tidak nyaman, kemungkinan besar sedang terjadi masalah pada tubuh. Kondisi ini merupakan heartburn dan tanda dari GERD. Kalau Anda sudah mengalami tanda ini selama lebih dari seminggu, kemungkinan besar GERD sudah terjadi pada tubuh.

Selain heartburn yang sangat mengganggu, tanda lain dari GERD berupa nyeri di dada yang cukup intens, sulit saat menelan makanan, makanan atau minuman sering naik dan keluar lagi meski sudah ditelan, batuk, muncul tanda asma, dan masalah dengan tidur kalau sampai asam lambung naik.

  1. Hyperhidrosis

Secara umum, kondisi berkeringat bisa terjadi kalau tubuh melakukan aktivitas fisik yang cukup intens, misal bekerja atau olahraga. Selain itu kondisi berkeringat juga bisa muncul kalau Anda suhu di sekitar tubuh mengalami kenaikan. Nah, selai itu keringat jarang sekali muncul kecuali ada gangguan berupa hyperhidrosis.

Kondisi ini bisa muncul dengan sendirinya dan tidak diketahui penyebabnya. Salah satu tanda dari kondisi ini adalah sering berkeringat tanpa sebab di malam hari. Selain itu keringat juga muncul di kaki, telapak tangan, dan bagian lain dalam sekali waktu dan berkali-kali. Gangguan ini akan membuat baju Anda jadi mudah sekali basah karena keringat.

  1. Pengaruh obat

Beberapa obat tertentu akan membuat Anda sering sekali berkeringat di malam hari. Obat itu terdiri dari jenis di bawah ini.

  • Obat jenis steroid seperti cortisone dan prednisone.
  • Berbagai jenis obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri atau demam di tubuh. Obat jenis ini akan membuat tubuh jadi mudah berkeringat dan basah dengan sendirinya.
  • Obat yang digunakan untuk menangani masalah mental.
  • Obat untuk mengatasi diabetes. Kalau Anda mengalami diabetes, kemungkinan besar akan sering berkeringat di malam hari.
  • Obat yang digunakan untuk terapi hormon.

Efek yang disebabkan oleh obat biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Kalau Anda ingin mencegah keringat berlebihan dengan menghentikan konsumsi obat, lakukan konsultasi dahulu dengan dokter.

  1. Penurunan testosteron

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh akan mengalami penurunan jumlah hormon testosteron. Penurunan ini menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh pria seperti tidak lagi memiliki gairah seks yang besar, sering berkeringat di malam hari, hingga mengalami penurunan kekuatan otot.

Kondisi ini wajar terjadi pada pria yang sudah berusia lanjut. Meski demikian, Anda bisa menurunkan kecepatan penurunan hormon seks pria dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga.

  1. Masalah hormon lainnya

Kalau Anda mengalami hipertiroidisme, kemungkinan besar akan lebih sering mengalami masalah pada tubuh seperti berkeringat. Kondisi ini bisa terjadi karena metabolisme yang terjadi pada tubuh jadi sangat meningkat.

  1. Sleep apnea

Seseorang yang mengalami sleep apnea akan lebih sering berkeringat di malam hari. Sleep apnea akan menyebabkan napas mendadak terhenti saat tidur. Dampaknya Anda akan sering terbangun beberapa kali di malam hari dalam kondisi yang tidak nyaman.

  1. Infeksi di tubuh

Infeksi yang terjadi di tubuh akan membuat sistem imun melakukan kerjanya dengan maksimal. Kalau sistem imun bekerja, tubuh akan mengalami kenaikan suhu dan akhirnya keringat keluar. Keringat ini keluar di bagian tubuh yang panas dan terjadi terus-menerus hingga infeksi hilang setelah ditangani dengan baik.

  1. Masalah saraf

Beberapa masalah atau gangguan saraf seperti stroke juga bisa memicu keluarnya keringat dingin di malam hari. Kalau Anda mengalami kondisi ini dan mendadak seperti sudah bicara, berjalan, dan ada masalah otot lainnya, segera periksakan diri agar kondisinya tidak semakin parah.

  1. Kanker

Kalau Anda sering sekali mengeluarkan keringat secara berlebihan di malam hari, bisa saja itu tanda dari kanker. Tanda lain untuk kondisi ini adalah lelah yang berlebihan dan otot jadi lemah. Penurunan berat badan yang besar juga terjadi disertai dengan demam dan menggigil. Selanjutnya akan ada nyeri di tubuh secara berlebihan dan tiga masalah di dada dan perut.

Inilah beberapa kondisi yang menyebabkan pria jadi sering berkeringat di malam hari. Beberapa penyebab dari kondisi ini mungkin bisa segera diatasi. Namun, banyak juga yang harus segera diwaspadai. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah keringat berlebihan di malam hari.