Mengapa Banyak Pria BAB Dalam Waktu yang Lama?

toilet-training-anak-doktersehat

DokterSehat.Com– Buang air besar adalah aktivitas yang wajar untuk dilakukan setiap hari, namun jika kita cermati, kaum pria cenderung melakukannya dalam waktu yang lebih lama. Apa alasan mereka membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya?

Dikutip dari VT, sebuah penelitian menunjukkan fakta mengejutkan tentang waktu yang dibutuhkan pria saat melakukan buang air besar atau sekadar mandi di kamar mandi, yakni sekitar 7 jam dalam setahun. Para peneliti pun menduga bahwa hal ini tidak hanya terkait tentang rutinitas membersihkan badan, melainkan untuk alasan yang lebih kompleks, seperti membutuhkan ketenangan atau pelarian sejenak dari rutinitas harian.

Pebble Grey, perusahaan peralatan kamar mandi yang melakukan penelitian dengan melibatkan 1.000 pria ini menyebutkan bahwa banyak pria yang ternyata membutuhkan ketenangan dan kedamaian meski sejenak dari pasangannya, anak-anak yang penuh energi dan terkadang mengganggu mereka, hingga pekerjaan mereka sehari-hari. Dengan berada di kamar mandi atau toilet lebih lama, pria bisa mendapatkan kedamaian atau ketenangan sehingga beban pikiran bisa dihilangkan.

“Secara alami manusia membutuhkan waktu untuk sendirian demi menenangkan diri atau melupakan berbagai hal yang bisa memberikan tekanan pada fisik ataupun psikis. Kamar mandi atau toilet bisa menjadi tempat yang tepat karena menawarkan perlindungan dan privasi. Di tempat ini, kita bisa memutus kontak dengan dunia luar untuk sementara,” ungkap salah satu peneliti.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa 45 persen pria mengaku membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri setiap hari. Sementara itu, 25 persen pria merasa pasangannya tidak menghargai kesibukan mereka sehari-hari sehingga membutuhkan waktu untuk sendirian. Sementara itu, 23 persen pria menyebut kamar mandi sebagai salah satu tempat yang sesuai untuk “melarikan diri” dari kesibukan dan beban pikiran.

Meskipun bisa menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak buang air besar terlalu lama, apalagi jika diselingi dengan bermain ponsel saat melakukannya. Lamanya waktu untuk buang air besar ini dikhawatirkan bisa menyebabkan datangnya penyakit pencernaan seperti wasir atau ambeien yang tentu sangat merepotkan.