Selain Menyehatkan, 3 Posisi Tidur ini Juga Bisa Atasi Insomnia

doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

DokterSehat.Com– Secara normal, setiap orang harus mencukupi waktu tidurnya selama delapan jam setiap hari. Waktu tidur tersebut terbilang sebagai waktu yang tepat dan tidak boleh dikurangi. Sebab, dengan mengurangi waktu tidur, ada berbagai masalah kesehatan yang akan mengancam. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Kendati sangat penting, tidak sedikit orang yang sering mengabaikan jam tidur mereka dengan berbagai alasan, salah satunya adalah insomnia. Ya, insomnia merupakan masalah tidur yang dialami oleh banyak orang. Masalah yang satu ini ditandai dengan gangguan fungsional yang menyebabkan seseorang menjadi susah tidur akibat rasa cemas, khawatir, serta rasa takut yang terlalu parah.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara dan metode yang bisa Anda lakukan. Salah satu metode yang paling ampuh dalam mengatasi insomnia adalah mengatur posisi tidur yang baik dan benar. Adapun posisi tidur yang ampuh dalam mengatasi insomnia adalah sebagai berikut:

1. Terlentang dengan Tangan Lurus

Posisi tidur yang satu ini memang sangat baik bagi kesehatan. Pasalnya, dengan terlentang dan tangan lurus di samping bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Selain itu, aliran darah juga akan lancar sehingga suhu tubuh akan tetap stabil yang akhirnya bisa meningkatkan rasa kantuk.

2. Meringkung

Mungkin posisi ini sering menjadi primadona bagi sebagian orang, termasuk Anda bukan? Ya, meringkuk memang salah satu posisi tidur yang sangat nyaman. Meringkuk sendiri banyak diistilahkan sebagai posisi janin dengan kaki ditekuk. Posisi ini bisa membuat seseorang menjadi sangat nyaman dan mengurangi rasa cemas sehingga bisa digunakan untuk orang yang sedang insomnia.

3. Berbaring Menyamping

Posisi yang satu ini adalah posisi yang paling sehat bila dibandingkan dengan posisi lainnya. Ada baiknya jika Anda berbaring dan menghadap kanan karena ada organ di dalam perut yang tidak tertekan karenanya. Selain itu, tidur berbaring menyamping juga bisa terhindar dari masalah leher ataupun punggung sehingga di pagi hari Anda akan merasa bugar.