Posisi Tidur Terbaik Demi Mencegah Heartburn

kebiasaan-sebelum-tidur-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu waktu yang paling penting bagi kesehatan tubuh adalah waktu tidur. Dengan beristirahat di malam hari, maka tubuh akan memulihkan diri sekaligus melakukan berbagai proses detoksifikasi yang tentu berperan besar dalam mencegah datangnya penyakit. Hanya saja, terkadang kita salah dalam menentukan posisi tidur sehingga menyebabkan datangnya rasa pegal atau bahkan sensasi heartburn pada dada atau perut.

Pakar kesehatan menyebut posisi tidur bisa membuat kita mencegah datangnya sakit punggung, sakit leher, gangguan pada sirkulasi darah, kram otot, sakit kepala, gangguan pada lambung, hingga masalah keriput dini pada wajah. Lantas, posisi tidur seperti apa yang bisa mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan tidur tersebut?

Profesor Shelby Harris dari Albert Einstein College of Medicine menyebut posisi tidur terbaik adalah dengan telentang. Sayangnya, hanya delapan persen manusia yang melakukan posisi tidur ini setiap malamnya. Posisi ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan membuat tubuh terasa nyaman. Bahkan, melakukannya bisa membuat kita menghilangkan rasa nyeri akibat tubuh yang lelah dan mencegah datangnya heartburn atau sensasi kenaikan asam lambung ke tenggorokan.

Lantas, posisi tidur apa yang paling tidak baik bagi kesehatan? Prof Harris menyebut posisi tidur tengkurap adalah yang paling buruk. Sayangnya, tujuh persen orang melakukan posisi tidur ini secara sadar ataupun tidak sadar. Meskipun bisa memberikan sensasi hangat dan nyaman, tubuh akan mendapatkan tekanan yang lebih besar sehingga membuat risiko terkena kram otot, nyeri persendian, dan kesemutan meningkat.

Terkadang, tanpa kita sadari posisi tidur kita berubah menjadi miring atau bahkan tengkurap di malam hari. Demi mencegah hal ini, ada baiknya kita menempatkan bantal atau guling di sekeliling badan sebelum tidur. Selain itu, letakkan bantal di dalam lutut demi mencegah tubuh bergerak.

Hanya saja, yang utama sebenarnya adalah kenyamanan pada tubuh, jika kita justru merasa tidak nyaman dengan posisi tidur ini, maka sebaiknya kita melakukan posisi tidur yang biasa membuat tubuh bisa tidur dengan nyenyak.