Posisi Tidur yang Baik untuk Mengurangi Kram Akibat Menstruasi

doktersehat-kram-perut

DokterSehat.Com– Setiap wanita dewasa pasti akan mengalami sebuah siklus yang datang setiap satu bulan sekali, yang biasa disebut dengan menstruasi. Menstruasi ditandai dengan keluarnya darah melalui vagina terjadi selama 4 hingga 7 hari.

Dan biasanya saat siklus ini datang, wanita akan merasakan berbagai gejala PMS sebelum dan saat sedang menstruasi, seperti kram perut, nyeri pinggang, emosi yang tinggi, serta suasana hati yang tidak stabil dan sering berubah.

Namun, gejala PMS yang sering dialami oleh wanita saat sedang menstruasi adalah kram perut. Gejala tersebut sangatlah mengganggu. Pasalnya, kram perut akibat menstruasi bisa mengganggu aktivitas, bahkan saat tertidur sekalipun. Akibatnya, segala macam posisi tidur kerap dicoba agar rasa sakit di perut menghilang.

Sebenarnya, ada salah satu posisi tidur yang bisa meredakan kram perut sehingga Anda bisa tertidur dengan lelap tanpa terganggu oleh rasa sakit akibat kram perut tersebut. Posisi tidur yang bisa meredakan kram perut adalah posisi janin. Posisi ini sangat dianjurkan oleh para ahli agar kram perut bisa berkurang.

Posisi janin atau meringkuk memang sudah terbukti dapat membantu mengurangi kram perut akibat menstruasi. Posisi tidur janin ini bisa Anda coba dengan cara memposisikan badan melingkar dan kedua tumit ditekuk ke leher. Hal ini bisa membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar.

Selain itu, dengan posisi tidur seperti ini akan membuat otot-otot khususnya otot perut menjadi lebih rileks dan mengurangi kram. Seorang ahli juga mengungkapkan bahwa posisi tidur meringkuk bisa menghilangkan tekanan pada otot-otot pada perut saat menstruasi.

Dari penjelasan di atas bahwa ketika kram perut akibat menstruasi datang, sebaiknya memilih posisi tidur meringkuk untuk mengatasi rasa sakit akibat kram perut tersebut. Perlu diingat bahwa ada satu jenis posisi tidur yang justru membuat kram perut semakin parah yakni, tidur tengkurap. Oleh karenanya, Anda harus menghindari posisi tidur terngkurap saat sedang menstruasi.