Terbit: 11 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seks dilakukan oleh pasangan untuk memberikan kedekatan baik secara fisik maupun emosional. Sayangnya, seks yang dilakukan dengan salah justru membuat hubungan pasangan jadi agak renggang. Oleh karena itu, Anda harus tahu seperti apa posisi seks untuk meningkatkan kedekatan pasangan.

7 Posisi Seks yang Bikin Pasangan Lengket

Nah, agar masalah seks tidak terjadi dan pasangan tetap bisa melakukan seks seperti biasanya, ada baiknya Anda mencoba beberapa posisi seks yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan.

Posisi Seks untuk Meningkatkan Kedekatan Pasangan 

Berikut beberapa posisi seks yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa Anda coba untuk memberikan kedekatan yang lebih besar.

1. Menyendok

Posisi seks menyendok atau spooning sering sekali dilakukan oleh pasangan untuk bermesra-mesraan. Posisi seks ini memungkin Anda bisa dengan mudah melakukan penetrasi sembari memeluk pasangan dari belakang dan memberinya rasa nyaman yang cukup besar.

Posisi seks ini memang lebih sering dianggap sebagai posisi seks yang cocok untuk pemalas. Namun, dengan posisi yang terlalu dekat ini pasangan bisa merasakan detak jantung masing-masing dan tubuh menempel erat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Kaki memeluk pinggang

Posisi seks lainnya yang bisa digunakan untuk memberikan kedekatan adalah modifikasi misionaris. Saat pria melakukan penetrasi, wanita bisa memelukkan kakinya ke pinggang pria. Dengan posisi ini penetrasi akan berjalan lebih dalam dan tubuh pasangan lebih banyak melakukan kontak.

Posisi ini membutuhkan kekuatan kaki dan tangan dari pria. Bila pria tidak kuat menahan beban, lebih baik menggunakan posisi seks lain yang lebih mudah seperti menyendok.

3. Lotus

Posisi seks lotus atau juga sering disebut posisi ohm ini cocok untuk pasangan yang dalam seks masih ingin sambil berciuman atau saling merangsang. Pada posisi ini wanita duduk di pangkuan pria lalu memeluknya dari depan.

4. Modifikasi doggy style

Posisi seks doggy style standar mungkin pernah Anda coba. Namun, posisi dengan modifikasi seperti wanita akan merendahkan tubuhnya atau mengangkat tubuh akan memberikan rasa nikmat yang jauh lebih besar. Lakukan eksplorasi untuk rear entry ini agar sama-sama mendapatkan kenikmatan.

5. Duduk atau tidur di atas meja

Posisi seks ini bisa dilakukan dengan membuat wanita tidur atau duduk di atas meja yang sejajar dengan pinggang pria. Selanjutnya pria bisa melakukan penetrasi dari pinggir ke arah vagina dengan intens. Pada posisi ini wanita bisa sesekali memeluk pasangannya atau tetap tidur atau duduk untuk menikmati setiap hentakan yang diberikan.

6. Duduk di atas kursi atau sofa

Pria bisa duduk di atas kursi atau sofa dengan kaki menggantung di bawah. Selanjutnya wanita bisa duduk di pangkuan pria sambil memasukkan penis ke dalam vagina. Posisi wanita membelakangi pria sehingga kendali dari penetrasi lebih banyak dilakukan oleh wanita meski pria juga bisa melakukannya.

Posisi seks ini akan memberikan penetrasi dalam dan guncangan hebat. Bila menggunakan kursi, ada baiknya disandarkan terlebih dahulu ke tembok agar pasangan tidak jatuh.

7. Seks oral

Mungkin Anda akan bertanya, bagaimana mungkin seks oral bisa membuat pasangan jadi dekat satu dengan lainnya? Jawabannya ada pada rasa percaya yang besar. Biasanya pasangan yang rasa percayanya belum tinggi akan enggan memberikan seks oral. Bahkan, melakukan posisi seks ini bisa membuat mereka menjadi jijik.

Dengan mau melakukan seks oral secara bergantian atau bersamaan, pasangan sudah semakin dekat khususnya secara fisik. Kalau Anda belum melakukannya, sesekali lakukan untuk memberikan kejutan pada pasangan.

 

Manfaat Seks bagi Tubuh

Studi menunjukkan bahwa seks bisa menjadi latihan kardiovaskular yang baik pada pria dan wanita yang lebih muda. Meskipun melakukan berbagai posisi seks tidak cukup seperti berolahraga, namun bisa dianggap olahraga ringan.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seks meliputi:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Membakar kalori
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Memperkuat otot
  • Mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan hipertensi
  • Meningkatkan libido

Orang dengan kehidupan seks aktif cenderung lebih sering berolahraga dan memiliki pola makan lebih baik daripada mereka yang kurang aktif secara seksual. Kebugaran fisik juga dapat meningkatkan kinerja seksual secara keseluruhan.

Manfaat seks lainnya:

1. Sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Sebuah penelitian kekebalan tubuh pada orang-orang dalam hubungan romantis, orang-orang yang sering melakukan seks (satu sampai dua kali seminggu) memiliki lebih banyak imunoglobulin A (IgA) dalam air liur mereka. Orang-orang yang memiliki seks jarang (kurang dari sekali seminggu) memiliki IgA yang secara signifikan lebih sedikit.

IgA adalah antibodi yang berperan dalam mencegah penyakit dan merupakan garis pertahanan pertama terhadap Human Papillomavirus (HPV).

Tetapi mereka yang melakukan hubungan seks lebih dari tiga kali seminggu memiliki jumlah IgA yang sama dengan mereka yang jarang melakukan seks. Studi ini menunjukkan bahwa kecemasan dan stres dapat membatalkan efek positif dari seks.

2. Bikin kualitas tidur lebih baik

Tubuh Anda melepaskan oksitosin, juga disebut hormon “cinta” atau “keintiman”, dan endorfin selama orgasme. Kombinasi hormon-hormon ini dapat bertindak sebagai obat penenang.

Tidur yang lebih baik dapat berkontribusi untuk:

  • Sistem kekebalan yang lebih kuat
  • Umur yang lebih panjang
  • Merasa lebih baik saat beristirahat
  • Memiliki lebih banyak energi di siang hari
  • Membantu mengatasi sakit kepala

Manfaat Seks bagi Pria dan Wanita

Seks tidak hanya menguntungakn salah satu pihak, namun memberikan manfaat pada masing-masing pasangan, ini dia manfaatnya:

1. Pada pria

Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa pria yang lebih sering berhubungan seks, mengurangi risiko mengembangkan kanker prostat.

Satu studi menemukan bahwa pria yang rata-rata mengalami 4,6 hingga 7 ejakulasi seminggu, 36 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menerima diagnosis kanker prostat sebelum usia 70 tahun. Ini dibandingkan dengan pria yang melaporkan ejakulasi sebanyak 2,3 kali atau lebih sedikit dalam seminggu.

Seks bahkan bisa mengurangi risiko kematian. Satu penelitian yang memiliki tindak lanjut 10 tahun melaporkan bahwa pria yang sering melakukan orgasme (dua kali atau lebih dalam seminggu) memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang berhubungan seks.

Meskipun hasilnya bertentangan, kualitas dan kesehatan sperma Anda dapat meningkat dengan meningkatnya aktivitas seksual, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian.

2. Pada wanita

Memiliki orgasme meningkatkan aliran darah dan melepaskan bahan kimia penghilang rasa sakit alami.

Manfaat seksual pada wanita dapat:

  • Meningkatkan kontrol kandung kemih
  • Mengurangi inkontinensia
  • Meredakan kram menstruasi dan pramenstruasi
  • Meningkatkan kesuburan
  • Membangun otot panggul yang lebih kuat
  • Membantu menghasilkan pelumasan vagina lebih banyak
  • Berpotensi melindungi Anda terhadap endometriosis, atau tumbuhnya jaringan di luar rahim

Melakukan seks dapat membantu memperkuat dasar panggul wanita. Panggul yang diperkuat juga dapat memberikan manfaat seperti lebih sedikit rasa sakit saat berhubungan seks dan mengurangi kemungkinan terjadinya prolaps vagina. Satu penelitian menunjukkan bahwa bersenggama dapat menghasilkan kontraksi vagina refleksif yang disebabkan oleh hentakan penis.

Wanita yang terus aktif secara seksual setelah menopause cenderung tidak memiliki atrofi vagina yang signifikan, atau penipisan dinding vagina. Atrofi vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks dan gejala kencing.

 

Itulah 10 posisi seks hingga manfaatnya, yang bisa memberikan kedekatan pada pasangan. Dari beberapa gaya seks di atas, kira-kira mana saja yang pernah Anda coba dan menjadi favorit hingga sekarang?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi