4 Pose Yoga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

doktersehat-yoga

DokterSehat.Com– Kenaikan berat badan tersebut tidak berhenti sampai situ saja. Pasalnya, setelah melahirkan, bentuk tubuh juga akan tetap besar, bahkan dua kali lipat daripada saat hamil. Biasanya, untuk mengatasi kenaikan berat badan ini, banyak wanita yang melakukan diet ketat dengan benar-benar menjaga asupan serta makanan yang dikonsumsi.

Padahal, ketika sedang menyusui, wanita tidak dianjurkan untuk mengurangi jumlah makanannya. Sebab, bagaimanapun juga sang bayi membutuhkan ASI yang berkualitas. Nah, ASI sendiri bisa berkualitas dikarenakan faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Maka dari itu, ada baiknya Anda menggunakan metode yang aman saja dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan. Salah satu metode yang terbilang aman dan efektif adalah yoga.

Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa pose yoga untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.

1. Vriksha Asana

Pose yang satu ini memang cukup populer dilakukan untuk menurunkan berat badan, khususnya bagi wanita pasca melahirkan. Dalam melakukannya pun tidak membutuhkan stamina banyak, artinya aman dilakukan oleh wanita yang baru melahirkan buah hatinya.

2. Bhujang Asana

Dalam ilmu yoga, pose yang satu ini lebih akrab disebut pose kobra. Praktiknya pun menyerupai ular kobra, yakni tidur terlentang dengan mengangkat dada dan kepala layaknya kobra yang ingin memangsa korbannya. Selain mudah dilakukan, pose kobra ini juga cukup aman.

3. Pose Dhanurasana

Selanjutnya adalah pose dhanurasana, yaitu pose bujur. Pose yang satu ini sangat efektif dalam membakar lemak pada bagian perut, pinggu, tangan, dan kaki. Sebab, praktiknya akan mengandalkan keempat bagian tubuh tersebut.

4. Badhakonasana

Pose ini lebih dikenal sebagai pose kupu-kupu. Gerakannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu duduk bersila dengan menemukan kedua telapak kaki. Tak lupa juga menahannya dengan kedua tangan dalam beberapa saat.