Terbit: 11 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tubuh membutuhkan asupan nutrisi lengkap setiap hari agar selalu sehat dan bugar. Asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

makanan-sehat-bayi-dokterseht

Nutrisi yang diperlukan biasanya berupaka karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah jumlah nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh haruslah tepat. Sebab, jika jumlah asupan nutrosi kurang atau lebih maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah porsi nutrisi yang tepat untuk tubuh dan wajib untuk Anda ketahui, diantaranya:

1. Karbohidrat

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi yang nantinya akan digunakan untuk beraktivitas. Jumlah asupan karbohirat yang tepat setiap harinya adalah 45%-60% dari seluruh kebutuhan kalori. Seperti yang kita tahun bahwa manusia membutuhkan kalori sebanyak 1200-2000 per hari.

2. Protein

Protein berfungsi untuk menjaga massa otot agar bisa membakar lemak dalam tubuh dengan baik. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk pertumbuhan, menghasilkan enzim, serta membantu melancarkan metabolisme. Berat protein dalam tubuh sekitar 1/6 dari berat badan seseorang. Setiap hari, kebutuhan manusia akan kalori adalah sebanyak 1 gram untuk setiap 1 kg berat seseorang. Rata-rata 1 gram protein akan menghasilkan 4 kalori.

3. Lemak

Lemak dibagi menjadi dua jenis, yakni lemak baik (lemak tidak jenuh) dan lemak jahat (lemak jenuh). Lemak baik bisa Anda peroleh dari berbagai jenis makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, dan ikan salmon.

Sementara lemak jahat terdapat pada makanan seperti jeroan, atau makanan yang diolah dengan cara digoreng. Konsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian dan agar bermanfaat, lemak yang dikonsumsi harus lemak baik (lemak tidak jenuh).

4. Vitamin dan Mineral

Nutrisi ini berfungsi untuk membantu proses pembentukan energi dan berpikir. Vitamin dan mineral bisa Anda peroleh pada makanan seperti buah dan sayuran. Dalam satu buah terdiri dari 40 kalori. Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak 5-9 buah setiap hari.

5. Serat

Serat memiliki fungsi cukup penting yaitu untuk membantu memperlancar pencernaan, terlebih lagi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berar badan. Pada sayuran, serat banyak terdapat pada kacang panjang, brokolim wortel, tauge, dan kangkung dengan kandungan 2-5 gram setiap 100 gram. Pada kacang-kacangan dan serelia, serat yang terkandungnya sebanyak 4-10 gram per 100 gram.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi