Terbit: 23 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah termasuk dalam bahan makanan yang paling baik bagi kesehatan. Adanya label sehat ini, terkadang porsi makan buah harian jadi ditingkatkan dan kita bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, apalagi jika buah tersebut memiliki rasa yang enak dan kita sukai. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita terlalu banyak makan buah?

Makan Buah Terlalu Banyak, Berbahayakah?

Pakar kesehatan menyebut konsumsi buah dengan berlebihan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan meskipun makanan ini tergolong sehat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya serat yang masuk ke dalam tubuh. Meski serat baik bagi pencernaan, jika jumlahnya terlalu banyak justru bisa membuat pencernaan terganggu.

Pakar kesehatan dari Columbia University menyebut asupan serat yang berlebihan akan membuat tubuh mengalami gangguan nutrisi. Hal ini disebabkan oleh perut yang telah dipenuhi dengan serat sehingga kita pun akan merasakan kenyang dengan berlebihan.

Nafsu makan akhirnya menurun padahal sebenarnya tubuh juga membutuhkan asupan selain serat. Tak hanya kekenyangan, kita juga akan lebih rentan terkena dampak seperti perut kembung, kram perut, atau diare.

Selain bisa membuat kita kekurangan nutrisi, kita juga harus mewaspadai kandungan gula di dalam buah. Meskipun kandungan ini adalah gula alami, porsi makan buah yang terlalu banyak malah dikhawatirkan akan berpengaruh besar bagi kadar gula darah yang tentu bisa meningkatkan risiko diabetes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Lantas, apakah ada porsi buah yang dianggap aman untuk kita konsumsi?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi buah dengan porsi sebanyak dua atau tiga porsi dalam sehari. Sebaiknya, jenis buah yang dikonsumsi juga beragam dan bukan yang itu-itu saja. Menurut Pedoman Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes, kita sebaiknya mengonsumsi 400 hingga 600 gram buah dan sayuran.

Sementara itu, bagi anak-anak, konsumsi sayur dan buah ini lebih sedikit, yakni sekitar 300 hingga 400 gram setiap hari. Menariknya adalah meski sama-sama kaya akan serat dan vitamin, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih banyak mengonsumsi sayur daripada buah karena manfaat kesehatannya yang jauh lebih besar.

Melihat fakta ini, meskipun rasanya enak dan harganya murah, ada baiknya kita tidak makan buah dengan berlebihan demi menjaga kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi