Seberapa Banyak Ibu Hamil Boleh Makan Nanas? Cek Disini!

Porsi-nanas-ibu-hamil-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Kyle McDonald

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika nanas menjadi buah yang seakan harus dihindari oleh ibu hamil. Padahal konsumsi nanas justru memberikan berbagai asupan gizi yang baik untuk tubuh ibu, namun nanas yang dikonsumsi juga harus dalam jumlah yang tepat. Lalu, seberapa banyak sih ibu hamil boleh mengonsumsi nanas?

Kandungan gizi dan zat tertentu pada nanas yang harus diketahui

Meskipun kerap menjadi bahan makanan yang menjadi mitos saat kehamilan, nyatanya buah nanas memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

doktersehat tips diabetes hamil

Apalagi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil yang sedang tinggi akan sangat baik jika dipenuhi dari konsumsi buah-buahan seperti nanas.

Nanas sumber vitamin C

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, dalam satu porsi, yang setara dengan 80-100 gram nanas, atau sama dengan 2-3 iris besar buah nanas atau satu gelas jus nanas segar, mengandung 79 mg vitamin C.

doktersehat-nanas-jus-buah

Angka ini mampu memenuhi lebih dari 80% kebutuhan harian vitamin C ibu hamil yang meningkat menjadi 85 gram.

Kandungan vitamin dan mineral yang padat pada nanas

Tak hanya itu, nanas kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan asam folat yang penting untuk pembentukan sum-sum tulang belakang, saraf dan otak janin.

Nanas juga mengandung zat besi yang penting sebagai transpor zat gizi dalam tubuh ibu ke janin, serta mineral magnesium dan mangan. Hal inilah yang membuat konsumsi nanas sangat baik untuk variasi pilihan buah harian ibu hamil.

Adanya zat bromealin pada nanas

Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa nanas memiliki kandungan gizi yaitu bromealin.

Zat bromealin ini ada lebih banyak jumlahnya pada bagian tengah nanas, yang cenderung cukup keras, dibandingkan dengan bagian daging buah nanas.

Bromealin kerap disebut sebagai zat yang dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit tertentu, sehingga harus dihindari konsumsinya pada ibu hamil.

Doktersehat - Ambeien Saat Hamil
Photo Credit: Flickr.com/Allan Perez

Zat bromealin pada buah nanas ini terbukti berbahaya karena mampu menyebabkan beberapa hal diantaranya: menghancurkan protein pada tubuh, perdarahan, percepatan waktu kelahiran, bayi lahir prematur hingga keguguran.

Akan tetapi, hal tersebut hanya akan terjadi pada jumlah dan jenis konsumsi nanas yang tidak tepat.

Lalu, seberapa banyak konsumsi nanas untuk ibu hamil yang baik untuk hindari efek zat bromealin?

Manfaat dari konsumsi nanas akan bisa dirasakan maksimal dan ditekan efek bromealin jika ibu hamil mengonsumsi nanas tidak lebih dari 7 buah nanas utuh, termasuk bagian tengah nanas, dalam satu kali waktu makan.

Angka tersebut tentu cukup besar untuk dikonsumsi dalam satu kali waktu makan ya.

Dengan konsumsi nanas sebanyak 7 buah utuh dalam satu kali waktu makan, risiko ibu hamil mengalami kontraksi akan semakin besar sehingga memicu terjadinya percepatan kelahiran, prematur atau keguguran.

Risiko lain konsumsi nanas berlebihan

Konsumsi nanas dalam jumlah tersebut selain memberikan asupan zat bromealin yang tinggi juga akan menyebabkan ibu hamil mengalami rasa tidak nyaman pada perut, gangguan pencernaan hingga diare.

Jumlah nanas yang baik dikonsumsi ibu hamil dalam satu hari

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi nanas dalam porsi yang normal, yaitu 1-2 porsi nanas dalam satu hari.

Penyajiannya tentu boleh beragam asalkan porsinya tidak lebih dari 160-200 gram nanas segar dalam satu hari.

Jika ibu hamil masih khawatir akan risiko konsumsi nanas dengan adanya kandungan bromealinnya, maka sebaiknya pada kondisi hamil trimester pertama dan kedua, bagian tengah pada buah nanas dapat dihindari saja, ya.