Bermain Ponsel Sebelum Tidur Bisa Sebabkan Diabetes

Doktersehat-tidak-bisa-tidur

DokterSehat.Com– Ponsel telah menjadi benda yang sulit untuk ditinggalkan oleh manusia. Kita bahkan bisa membawa ponsel ini ke berbagai tempat, termasuk ke atas kasur tempat kita beristirahat. Padahal, bisa jadi sebelumnya ponsel ini kita letakkan di tempat-tempat yang kotor atau dibawa ke toilet saat buang air besar.

Tak hanya bahaya akan adanya bakteri dari tempat-tempat kotor yang menempel pada ponsel, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan kita untuk memainkan ponsel sebelum tidur bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Padahal, banyak dari kita yang sengaja memainkannya demi bermain media sosial atau sekadar bercakap-cakap dengan teman melalui aplikasi percakapan.

Paparan cahaya dari layar ponsel memang bisa membuat mata kita lebih lelah. Sayangnya, paparan sinar biru dari layar ponsel ini juga bisa membuat tubuh mengalami gangguan produksi hormon yang bisa membantu kita untuk tertidur. Jika kita terbiasa memainkannya sebelum tidur, maka kita akan cenderung ingin terus memainkan ponsel dan tak kunjung mengantuk sehingga akhirnya kehilangan waktu tidur yang sangat berharga. Selain itu, kondisi ini juga akan membuat kita mengalami kerusakan siklus tidur yang tentu berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh.

Dampak dari terganggunya siklus tidur ini tidak hanya membuat kita merasa tidak bugar, mengantuk, dan sulit untuk berkosentrasi di siang hari, melainkan juga menyebabkan terganggunya produksi hormon. Jika sampai yang terpengaruh adalah hormon insulin, maka hal ini tentu akan mampu menyebabkan datanya diabetes.

Selain itu, bermain ponsel, apalagi mengecek media sosial sebelum tidur juga bisa membuat tubuh menjadi stres, apalagi jika yang kita baca adalah berita yang tidak menyenangkan atau menegangkan. Hal ini akan membuat tubuh benar-benar kehilangan rasa kantuk sehingga membuat kita mengalami susah tidur.

Bermain ponsel sebelum tidur juga terbukti mampu membahayakan kesehatan otak. Di waktu malam hari, tubuh kita sudah memiliki jam biologis yang membuat organ-organ tubuh ditempatkan dalam posisi beristirahat, termasuk otak. Sayangnya, karena bermain ponsel, otak tidak bisa beristirahat dan akhirnya mengalami gangguan fungsi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tak lagi memainkan ponsel satu atau dua jam sebelum tidur demi memastikan diri mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.