Gara-Gara Ponsel Jatuh di Jamban, Dua Pemuda Tewas

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat-1024

DokterSehat.Com– Kakak beradik dari desa terpencil di Tiongkok utara terjebak di dalam septic tank hingga tewas. Penyebab dari terjebaknya kedua pemuda ini adalah karena mereka ingin mengambil ponsel yang jatuh di dalam jamban.

Dilansir dari South China Morning Post, aparat kepolisian menyebutkan bahwa dua pemuda ini masuk ke dalam septic tank yang berada persis di bawah jamban rumahnya yang ada di desa Huyan, Provinsi Shanxi, pada Selasa, 24 Juli 2018 lalu. Ponsel ini tak sengaja terbuang oleh anak dari salah satu dari pemuda tersebut.

Saat orang pertama masuk ke dalam septic tank sedalam 2 meter ini, ia terjebak dan tak bisa keluar. Saudaranya kemudian ikut turun untuk menyelamatkannya. Sayangnya, keduanya justru terjebak dan tak bisa keluar hingga menghembuskan nafas yang terakhir.

Keluarga kakak beradik ini menghubungi polisi saat mengetahui keduanya menghilang dalam waktu yang cukup lama. Aparat kemudian berusaha untuk merusak dinding septic tank dan menggunakan pompa untuk mengosongkan isi dari septic tank tersebut. Sayangnya, tindakan ini terlambat untuk dilakukan karena keduanya sudah kehilangan nyawa.

Menurut tim penyelamat, gas yang dikeluarkan oleh kotoran manusia bisa membuat manusia kehilangan kesadaran. Di dalam septic tank, kedua kakak beradik ini kemudian kehabisan oksigen sehingga meninggal dunia.

Sebagai informasi, di Tiongkok, masih banyak masyarakat yang memakai jamban dengan septic tank langsung di bawah toilet. Sayangnya, hal ini justru membuat banyak orang tanpa sengaja menjatuhkan ponselnya dalam jamban ini karena menggunakannya saat buang air besar.

Lima tahun lalu di desa yang sama, wanita berusia 43 tahun menjatuhkan ponselnya di jamban dan berusaha mengambilnya. Ia kemudian terjebak. Sayangnya, anak perempuan dan suaminya yang berusaha menolongnya ikut-ikutan terjebak hingga mereka semua meninggal dunia.